NEWS

Akomodir Keluhan Warga, Wabup Konsel Sidak Pelayanan Disdukcapil

624
×

Akomodir Keluhan Warga, Wabup Konsel Sidak Pelayanan Disdukcapil

Sebarkan artikel ini
Wabup Konsel Rasyid S.Sos M.Si saat melakukan sidak

KONAWE SELATAN – Adanya informasi dan laporan masyarakat bahwa pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kurang baik dan tidak profesional

Tak hanya itu, ketersediaan blanko yang menghambat penertiban KTP elektronik juga jadi perbincangan hingga di media sosial facebook lokal.

Tak mau menunggu lama, memastikan hal itu, Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si melakukan inspeksi mendadak (sidak) di instansi yang dimaksud, Senin, 27 Desember 2021.

Kedatangan 02 Konsel ini secara tiba-tiba membuat warga yang sedang antri mengurus surat kependudukan kaget campur bahagia, sebab Wabup Rasyid langsung menyalami sekaligus menanyakan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam proses pengurusan dokumen.

Salah satu warga, Ani asal Kecamatan Kolono menjawab keluhan yang ditanyakan.”Tidak ada masalah pak, sejauh ini pelayanan bagus, hanya antri saja yang lama karena mungkin datang terlambat dan sudah banyak orang. Sehingga ini wajar,”ucapnya dihadapan Wabup Rasyid meyakinkan.

Ditanya apakah ada pungutan liar selama pengurusan, Ani hanya menggelengkan kepalanya. Kedatangannya untuk menerbitkan ulang KTP-el yang hilang.

Banyak warga yang ditanyai satu persatu oleh Wabup Rasyid, namun tak ada satupun yang mengatakan keberatan terkait pelayanan sesuai informasi yang beredar pada segelintir masyarakat.

“Tujuan saya kesini memastikan informasi masyarakat, bahwa katanya pelayanan Disdukcapil kurang baik, dan tidak adanya blanko KTP, membuat masyarakat merasa kecewa dan terbuang waktunya sia-sia,”ucapnya dihadapan warga yang sedang antri.

Persoalan itu, kata Rasyid juga mampir dilini masa fb pribadinya, yang mana ada netizen curhat dan beberapa menanyakan hal itu. Sehingga ia melakukan Sidak, dan memastikan seluruh informasi tersebut tidak benar.

“Saya kira informasi itu tidak benar, kita sudah sama-sama saksikan langsung pelayanan disdukcapil sangat baik dan saya siarkan langsung live melalui medsos. Kedatangan saya bukan direkayasa sebelumnya, murni hati nurani dan tugas serta tanggung jawab selaku Wakil khususnya dibidang pengawasan pada instansi lingkup Pemkab Konsel,”imbuhnya

Tak lupa ia berpesan, agar masyarakat jangan mudah menerima informasi hoax yang belum tentu pasti kebenarannya. Juga menyampaikan dalam pengurusan dokumen kependudukan tidak melalui calo, sebab semua tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

“Kalo mau berurusan langsung saja sendiri, tidak usah lewat perantara. Sekarang ini semua serba cepat dan gratis. Adapun jika ada yang pungli lapor ke saya, langsung kita proses sesuai aturan hukum yang berlaku,”tegasnya menimpali

Dikesempatan itu, Wabup Rasyid mengatakan meskipun pelayanan cukup baik, namun standar pelayanan sistem, mekanisme, dan prosedur akan terus ditingkatkan lagi dengan lebih baik agar citra pemerintah Daerah semakin bagus dimata publik

Sementara, Kadis Dukcapil Konsel Muh Yusuf yang juga kaget atas kunjungan Wabup Rasyid ikut menjelaskan dihadapan warga, bahwa pelayanan di instansi yang dipimpinnya dilakukan secara profesional dan tidak ada pungli.

Terkait blanko KTP, stok yang dimiliki saat ini sangat banyak dan masih bisa melayani hingga Maret 2022, dan bakal terus menyediakannya sampai kapanpun.”Siapa bilang blanko KTP-el kami kosong.. Sampe Maret 2022 pun dengan kondisi sekarang masih bisa kami terbitkan langsung. Normalnya kami siapkan 3 ribu sampai 6 ribu keping perbulan,”tukasnya

Disampaikannya, bahwa bagi warga yang akan mengurus dokumen selain KTP-el dan KIA, bisa langsung ke Kantor Kecamatan terdekat tanpa mesti ke Kabupaten, karena dirinya telah menyiapkan petugas Disdukcapil di seluruh Kecamatan.

Kualitas pelayanan disdukcapil yang baik, juga dikuatkan anggota legislatif Muh Taufik Mansur dari Dapil I Kecamatan Lalembuu yang kebetulan berada di lokasi karena membantu mengantar konstituennya.”Dari tadi saya disini, semua berjalan lancar dan pelayanan publik sangat bagus dan tidak ada pungli,”ungkapnya.

 

Penulis : Redaksi

You cannot copy content of this page