NEWS

Atasi Kekerdilan, BKKBN Sultra Gencarkan DASHAT

423
×

Atasi Kekerdilan, BKKBN Sultra Gencarkan DASHAT

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mengatasi kasus kekerdilan di daerah itu.

Untuk mewujudkan hal itu, BKKBN Sultra menggencarkan kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di seluruh kabupaten/kota.

Kepala BKKBN Sultra, Asmar mengatakan program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) saat ini memiliki tambahan bentuk kegiatan nyata, seperti kegiatan inovasi yang baru yaitu Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

“Kegiatan ini diharapkan akan membawa Kampung Keluarga Berkualitas menjadi Kampung Keluarga Berkualitas yang DASHAT,” kata Asmar Senin, 21 Maret 2022.

Baca Juga : Pemkab Konawe Selatan Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Dijelaskan, dengan kegiatan DASHAT pada Kampung Keluarga Berkualitas, berharap ibu hamil, ibu mau hamil, ibu baru menyusui, semua mendapatkan nutrisi produk olahan dari DASHAT yang sehat.

“Sehingga di Kampung Keluarga Berkualitas tidak ada ibu yang mau hamil, ibu mau menikah dan ibu mau bulan madu tidak teratasi kondisi kesehatannya atau gizinya sebelum hamil begitu juga pada saat bayi sudah lahir lebih dari 6 (enam) bulan harus mendapat suplementasi, komplemen suplemen makanan tambahan selain ASI,” katanya.

Menurut dia, seringkali orang beranggapan atau opini, jika mengkonsumsi makanan sehat itu mahal dan ini sangat salah. DASHAT ini secara ideologis ingin menghadirkan kedaulatan pangan, dengan mampu memproduksi sendiri, sehingga dapat berdikari dengan meningkatkan ketahanan pangan lokal.

“Kita mampu menghasilkan sendiri dan memproduksi sendiri pangan lokal yang sehat dan mengandung gizi seimbang dan tidak mahal. Jika berdaulat maka tidak mahal. Banyak makanan alternatif yang tersedia di sekitar kita yang mengandung gizi setara dengan makanan yang dianggap mahal selama ini. Makanan untuk mencegah stunting seperti ikan atau telur sudah cukup, proteinnya besar tidak kalah dengan daging sapi.

Baca Juga : Pemkot Kendari Gelar Musrenbang RKPD untuk Susun Pembangunan 2023

Asmar berharap, DASHAT berbasis produk lokal menghadirkan produk-produk lokal yang kemudian bisa menjawab kebutuhan gizi seimbang dan tantangan menurunkan kekerdilan dan mencerdaskan kehidupan keluarga, menjadi keluarga yang berkualitas dan kampung keluarga yang berkualitas dan akhirnya menjadi bangsa yang besar, unggul dan maju sesuai yang dicita-citakan oleh Bapak Presiden Jokowi dan kita semuanya.

Ditambahkan, DASHAT sebagai sebuah kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko kekerdilan (yang memiliki catin, bumil, busui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu), melalui pemanfaatan sumberdaya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumberdaya/kontribusi kemitraan lainnya.

“DASHAT ini harus kita wujudkan sebagai bentuk kepedulian antarsesama, kepedulian terhadap persiapan generasi berkualitas di masa datang, dan tentunya juga sebagai upaya peningkatan ekonomi keluarga. Dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas sebagai aktivitas nyata dalam upaya pembentukan keluarga berkualitas sebagaimana namanya yaitu Kampung Keluarga Berkualitas,” pungkasnya. (Adm).

 

Penulis : Redaksi

You cannot copy content of this page