oleh

Bank Sultra Luncurkan Kartu Debit, Gubernur : Kembangkan Inovasi

-NEWS-139 dibaca

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM – Atas nama Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), Asrun Lio hadir di acara Launching Kartu Debit Bank Sultra Mobile pada kegiatan Penutupan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sultra Expo 2022 yang digelar di Perataran MTQ Kendari pada Sabtu Malam, 23 Juli 2022.

Turut hadir Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Direktur Bank Sultra Doni Septadijaya, Kepala OJK Sultra, Ajaya Dwi Raya, dan Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sultra.

Gubernur dalam sambutannya secara virtual menitipkan pesan kepada Bank Sultra selaku pemegang saham, untuk selalu menghadiri inovasi terbarunya.

Baca Juga : Dewan Kehormatan Kode Etik UHO Periksa Prof B Atas Dugaan Pelecehan Seksual

Dilanjutkan Gubernur meresmikan Launchingnya Kartu Debit dan Bank Sultra Mobile.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, malam hari ini Bank Sultra Mobile dan Kartu Debit Bank Sultra saya nyatakan diresmikan,” tutupnya.

Selanjutnya di awal sambutan, Kepala OJK Prov. Sultra menyampaikan bahwa dengan adanga layanan digital perbankan, maka layanan transaksi kepada pelaku UMKM menjadi lebih mudah dan efisien.

Proses digitalisasi ini disuplai dengan edukasi yang memadai kepada seluruh elemen masyarakat sehingga tercipta ekosistem digital yang lebih baik. Hal ini otoritas jasa keuangan telah meluncurkan tap-tap perbankan tahun 2020-2025. Pertama, memperkuat tata kelola dan menejemen resiko IT. Kedua, mendorong penggunaan IT Game Clicker. Ketiga mendorong kerja sama terkait tekonologi dan keempat, mendorong implementasi terkait Advan Digital Banking.

Kemudian, Ketua DPRD Sultra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UMKM di Sultra berjumlah sekitar 400 ribu, namun yang aktif sekitar 200 ribu, dan koperasi hanya berjumlah 26 ribu.

“Tetapi tingkat kesulitan mereka adalah legalitas cara mengurus. Untuk itu, ini akan memudahkan urusan pelaku UMKM dengan pengambilan kredit dan pinjaman yang ada di Bank Sulawesi Tenggara” jelasnya.

Baca Juga : Wakili Gubernur Pada Peresmian JSI, Pj Sekda Provinsi Sultra : Seperti Berada di Stadion Eropa

Selanjutnya, Kepala BI Sultra menyampaikan bahwa transaksi UMKM baik secara tunai maupun non tunai sebanyak 290 juta hampir 300 juta.

Nilai tersebut berasal dari 7.500 transaksi. Catatan sudah ada 2 (dua) miliar untuk komitmen pembiayaan kepada UMKM unggulan Sulawesi Tenggara. Selain itu, peserta UMKM yang ikut expo kali ini sudah terhubung dengan keuangan digital.

“Keuangan digital ini sangat bermanfaat karena kedepan keuangan digital akan memberikan ketahanan perekonomian buat perekonomian daerah,” pungkasnya.

Reporter : Sardin.D