MUNA BARAT

Bapeda Mubar Gali Aspirasi Warga Lewat Pra Musrembang

228
×

Bapeda Mubar Gali Aspirasi Warga Lewat Pra Musrembang

Sebarkan artikel ini
Kepala Bappeda MUBAR, Raden Djamun Sunyjoto (Kedua dari kanan) didampingi Camat Sawerigadi Laode Mustakim (ketiga dari kanan), Kapolsek Sawerigadi Iptu Gema Brajaksono S. Tr. K (kanan) saat sambutan dalam kegiatan Pra Musrembang di Kecamatan Sawerigadi Mubar,

Reporter : Jul Awal

LAWORO – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggali aspirasi warga dalam pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Sawerigadi.

Pra Musrenbang yang digelar Selasa 18 Februari 2020 di Aula Kantor Kecamatan Sawerigadi di Desa Lombu Jaya ini dihadiri Kapolsek Sawerigadi Ipda Gema Brajaksono S, Tr. K, Kades, BPD, Kepala sekolah, Kepala Puskesmas dan perwakilan SKPD.

Kepala Bappeda Mubar, Raden Djamun Sunyjoto mengatakan, pra Musrembang digelar untuk menggali ide dan gagasan serta usulan warga, untuk diprioritaskan saat Musrembang kecamatan bersama SKPD.

“Jadi hari ini merupakan kegiatan awal sebelum Musrembang. Semua usulan disatukan. Agar nanti saat musrembang lintas SKPD semua sudah mantap, tidak ada lagi perbedaan usulan,” kata Raden.

Ia menjelaskan, dari semua usulan akan dinilai mana yang lebih prioritas. Namun, usulan hari ini belum final, nantinya akan di mantapkan di forum Musrembang dengan lintas SKPD.

Untuk itu, agar Camat mengutus delegasi saat musrembang tingkat kabupaten. Yang akan mengawal dan bertanggung jawab terhadap usulan itu nantinya di forum lintas sektor.

“Karena hari ini itu akan muncul usulan dari berbagai bidang. Jadi pak Camat harus mengutus delegasi maksimal tujuh orang yang akan mengikuti forum lintas SKPD di musrembang,” kata Raden.

Menurutnya, tahun ini merupakan perencanaan tahun keempat dari visi misi Bupati Mubar Laode M Rajiun Tumada, yaitu peningkatan SDM, penyediaan infrastruktur, peningkatan ekonomi kerakyatan, pariwisata, dan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Untuk mengukur keberhasilan pembangunan, setiap hasil pembangunan akan diindeks, yakni pembangunan SDM, pertumbuhan ekonomi, menurunya angka kemiskinan,” ujar Raden.

Sementara itu, Camat Sawerigadi Laode Mustakim mengatakan, usulan di Kecamatan Sawerigadi yang diterimanya sekitar 80 usulan, tersebar di sepuluh desa se- Sawerigadi.

“Semua usulan ini akan dirangking mana yang lebih prioritas. Agar semua kades melihat mana usulan yang lebih prioritas dimasyarakat. Karena itu akan dilihat lagi nanti dimusrembang kecamatan,” tegasnya.

You cannot copy content of this page