oleh

Bawa Tanah asal Keraton dan Air Sungai Konaweeha di Kaltim, Ali Mazi akan Letakkan di Titik Nol Pembangunan IKN

-NEWS-1,062 dibaca

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Gubernur Sultra) H Ali Mazi tiba di Kalimantan Timur (Kaltim) dengan membawa Tanah dan Air Asal Sultra yang nantinya akan disatukan dan menyatu dengan daerah lain kemudian di letakkan pada titik nol pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Gubernur Ali Mazi ke Kaltim tak sendirian. Ia didampingi Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Nur Endang Abbas serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Asrun Lio, tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, provinsi Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

Ali Mazi beserta rombongan membawa Tanah Lelemangura Keraton Buton Kota Baubau. Sementara Air tersebut berasal dari Sungai Konaweha.

Baca Juga : Minyak Goreng Langka Jelang Ramadhan, DPW PRIMA Sultra : Pemerintah Jangan Tinggal Diam 

Keduanya akan disatukan di Ibu Kota Negara yang baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur dalam prosesi ritual adat Pada Senin, 14 Maret 2022 besok.

Tanah dan air yang dibawa para gubernur akan digunakan dalam upacara ritual adat dengan menuangkannya ke dalam Kendi Nusantara, wadah besar yang terbuat dari tembaga.

Seperti dilansir TEMPO.CO, Gubernur se-Indonesia akan membawa tanah dan air ke titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengungkapkan simbol tanah dan air yang akan dibawa oleh para gubernur ke calon Ibu Kota Negara Nusantara melambangkan kebersatuan.

Baca Juga : Kepala Bappeda Sultra : Gubernur Ali Mazi Rencanakan Sultra Masuk Prioritas Nasional 

“Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana,” ujar Mahfud lewat keterangan tertulis, Ahad, 13 Maret 2022.

Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke IKN Nusantara selama tiga hari mulai dari 13 – 15 Maret 2022. Presiden akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi dibangunnya Istana Negara. Sebanyak 33 gubernur dijadwalkan hadir ke lokasi berkemah tersebut, tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara.

Lima gubernur yang berkemah dan menginap bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara adalah Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Penulis : Redaksi