NEWS

Bawaslu Baubau Ajak Insan Pers Bersama-sama Pantau Pemilu 

336
×

Bawaslu Baubau Ajak Insan Pers Bersama-sama Pantau Pemilu 

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Kota Baubau, Azan (Kedua dari kanan) bersama Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin (Kedua dari kiri) bersama anggota Bawaslu Baubau saat menandatangani MoU tentang partisipatif Pemilu dan pemilihan. Foto : Ardilan.

BAUBAU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Konsolidasi Peran Media Massa dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 yang Demokratis dan Berkualitas Kamis, 14 April 2022.

Dalam kegiatan tersebut Bawaslu mencoba mengajak insan pers baik media daring, cetak hingga elektronik di daerah itu untuk bersama-sama memantau jalan Pemilihan Umum (Pemilu) demi terwujudnya Pemilu yang demokratis dan bersih.

Ketua Bawaslu Kota Baubau, Azan mengatakan pihaknya membutuhkan keterlibatan pewarta ataupun jurnalis dalam upaya menyukseskan Pemilu nantinya kendati Pemilu masih terbilang lama karena akan berlangsung tahun 2024 mendatang.

Baca Juga : Ini Jadwal Dimasing-masing Kecamatan di Kendari untuk Pembagian BLT Sembako dan Minyak Goreng 

Namun demikian, Azan mengakui bagi pihaknya Pemilu telah dekat mengingat dibutuhkan waktu 20 bulan sebagai persiapan dalam menyukseskan Pemilu. Keterbatasan personel juga, kata Azan, menjadi kendala yang harus dituntaskan oleh Bawaslu Baubau dalam memantau Pemilu nanti.

“Ada ruang-ruang yang setengah mati untuk kita awasi seperti soal berita hoax. Maka dari itu, kami butuh peran media massa diantaranya media massa diharapkan dapat menjadi sarana penyampai informasi kepada masyarakat terkait apa yang dibolehkan dan dilarang dalam proses Pemilu,” ungkap Azan dalam sambutannya.

Menurutnya, bila Pemilu sudah memasuki masa tahapan maka insan pers diharapkan juga mengambil peran berupa penyampaian informasi yang berimbang ke publik.

Baca Juga : Ketua PKK Kendari Berikan Penguatan Bagi Warga Binaan Lapas 

“Jangan hanya informasi tentang partai A. Tetapi, untuk semua partai harus diberikan. Itu contohnya,” ujarnya.

Sebagai tambahan kegiatan ini juga melibatkan dua narasumber yaitu Anggota Bawaslu Baubau Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubal, Yusran Elfargani dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Baubau, La Ode Aswarlin dalam bentuk diskusi yang juga dirangkaikan dengan penandatanganan Momerandum of Understanding(MoU) atau nota kesepahaman antara Bawaslu Baubau dan PWI Baubau tentang partisipatif Pemilu dan pemilihan.

Anggota Bawaslu Kota Baubau, Yusran Elfargani memberikan materi tentang Peran Media Massa sebagai Pengawas Partisipatif pada Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Sementara, Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin memberikan materi tentang Menjaga Netralitas Media Massa dalam Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

 

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page