Bawaslu Konawe Selatan Gandeng Jurnalis Bahas Peran Media Massa Jelang Pilkada

NEWS173 dibaca

KONAWE SELATAN – Puluhan Jurnalis dari berbagai media di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diskusi bersama Badan Pengawasal Pemilihan Umum (Bawaslu) Konsel. Terkait peran media massa jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Bertempat di Hotel Wonua Monapa and Resort Ranomeeto, Kamis 14 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu, Hasni didampingi Kordiv HPPPS, Awaludin, dan Kordiv SDM, Muamar, serta hadir sebagai narasumber Komisaris Sultra Demo, Arafat.

Ketua Bawaslu Konsel, Hasni saat membuka diskusi mengatakan bahwa peran media dalam pelaksanaan tugas-tugas Bawaslu sangat penting. Olehnya itu, pihaknya lebih awal melaksanakan kegiatan diskusi ini bersama teman-teman dari awak media dengan mengangkat tema “Komunikasi Efektif dan Peran Media Massa Dalam Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024”.

“Dalam penyelenggaran pemilu peran dan partisipasi media, dan partisipasi masyarakat sangat penting,” kata Hasni.

Sedangkan Kordiv HPPPS Bawaslu Konsel, Awaludin AK menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang perlu dapat penekanan terkait sinergitas bersama media massa.

Baca Juga : Gubernur Sultra Raih Penghargaan Pembina Koperasi Terbaik di Indonesia

Pertama, Bawaslu sebagai jabatan publik harus menjalankan fungsi kehumasan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. “Juga diberi kewenangan untuk mengelola keterbukaan informasi publik. Namun berkaitan dengan informasi ada yang dikecualikan, dalam hal penanganan pelanggaran pemilu yaitu terkait dengan dokumen-dokumen. Selain dari itu, semua informasi dapat di akses oleh teman-teman media dan masyarakat,” terang Awaludin.

Berikutnya, fungsi pengawasan partisipatif. Disini media sangat berperan, salah satu perannya adalah dalam hal pencegahan berita hoax atau berita bohong, money politik (politik uang) serta pencegahan pelanggaran lainnya .

Serta, tambah dia, fungsi sosialisasi. Disini juga peran media sangat penting dalam hal penyebaran informasi tugas-tugas Bawaslu kepada publik. Sebab, semua informasi jika media yang menyebarluaskannya maka akan cepat dan mudah diakses oleh masyarakat.

Sementara itu, narasumber diskusi Arafat SE MM mengungkapkan, bahwa fungsi media massa sangat berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.

Selain itu, berfungsi sebagai pemberi informasi kepada masyarakat umum secara tepat waktu. Serta dapat memperjelas permasalahan yang dihadapi melalui pesan-pesan kepada masyarakat.

“Juga berfungsi sebagai pemberi pendidikan kepada masyarakat dalam melewati beragam macam saluran informasi,” tambahnya.

Penulis : Erlin