oleh

Bayi yang Ditemukan di Pos Kehutanan Dititipkan ke Pospen Darul Ihsan

Reporter : Erlin

Editor : Def

ANDOOLO – Setelah dirawat dan kondisinya membaik pasca dibuang orangtuanya di Pos kehutanan Desa Mata Wolasi Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Rabu (19/12/2018) lalu, bayi perempuan itu akhirnya dititipkan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ihsan.

Penyerahan bayi mungil itu dilakukan langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Konsel Hj. Nurlin Surunuddin, pada Rabu (16/1/2019) didampingi Kabid Sosial Konsel, Jimmy Nurman, bersama satuan bakti pekerja sosial Kementrian Sosial, Desti Pelani.

Hj. Nurlin Surunuddin mengatakan, penyerahan bayi ke Pospen Darul Ihsan sudah dua kali dilakukan.

Baca Juga : Bayi Terbungkus Karung Gabah Ditemukan di Kawasan Pasar Sambeani, Konawe

“Yang pertama bayi laki-laki yang di temukan di Desa Arongo Kecamatan Landono, dan yang saat ini bayi perempuan yang ditemukan pada tiga pekan lalu, di Desa Mata Wolasi,” jelas isteri Bupati Konsel itu.

Dirinya juga berpesan kepada orang tua pengasuh anak tersebut yakni ibu Upi, agar menganggap anak tersebut seperti anak kandungnya dan merawatnya dengan baik penuh kasih sayang.

“Semoga Allah SWT memberi kelancaran dan kesuksesan kepada ibu Upi dalam merawat anak ini,” tutupnya.

Sementara itu, Satuan bakti pekerja sosial Kemensos, Desti Pelani menyampaikan bahwa, mengenai perawatan anak-anak terlantar, ataupun penemuan anak yang akan diasuh oleh keluarga, maka mekanismenya harus melalui Dinsos selaku Dinas yang memiliki Lembaga Kesejahtraan Sosial Anak(LKSA).

“Kemudian keluarga pengasuh, mendaftarkan diri ke LKSA dan memdapat persetujuan dari Dinsos Kabupaten, maupun Provinsi untuk mendapatkan hak asuh atas anak-anak terlantar tersebut,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua TP-PKK Konsel, menyerahkan bantuan sembilan bahan pokok kepada Pospen Darul Ihsan yang beralamat di Kecamatan Palangga, untuk membantu anak-anak yatim yang ada di Pesantren tersebut. (A)


Terkini