NEWS

Belum Banyak yang Tahu, Teri Waburense Buton Tengah Rupanya Bahan Baku Teri Medan

1455
×

Belum Banyak yang Tahu, Teri Waburense Buton Tengah Rupanya Bahan Baku Teri Medan

Sebarkan artikel ini
Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki saat mengunjungi lokasi produksi teri Waburense.

BUTON TENGAH – Siapa yang tidak kenal kuliner khas ikan teri asal Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut). Belum banyak yang tahu, rupanya bahan baku teri Medan pernah menggunakan ikan teri hasil olahan warga Desa Waburense, Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu baru terungkap secara jelas pasca Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki berkunjung secara langsung ke Desa Waburense, Sabtu 10 September 2022.

“Nanti ada upacara, kita ganti namanya (Teri medan menjadi teri waburense). Ada tiga potensi yang saya lihat, pertama itu olahan ikan teri. Kemudian budidaya lobster dan rumput laut. Ini yang punya potensi besar untuk dikembangkan,” ungkap Teten Masduki saat dialog bersama warga Buteng di Pantai Mutiara Kecamatan Mawasangka Tengah.

Ia menilai, potensi sumber daya laut yang dimiliki Buteng terbilang luar biasa. Pemasarannya juga sudah bagus. Dengan beberapa hal itu, ia merasa tinggal menyiapkan koperasi pengembangan wisata alam.

Baca Juga : Kemenhub Keluarkan Surat Penyampaian Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Ojol

“Jadi tiga hal itu saja, kita tidak usah muluk-muluk. Kemudian setelah kita tetapkan sektornya, kita harus mendukung ekosistemnya. Akses pembiayaan, akses pengembangan usaha. Pemerintah sekarang kemudahan perizinan sudah lewat undang-undang cipta kerja ini kita harus ngebut. Tahun ini yang mikro, yang informal harus segera punya nomor induk berusaha (NIB),” urainya.

Teten meminta Pj Bupati Buteng dan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah daerah Buteng agar membantu mengurus NIB untuk masyarakatnya. “Nanti ada SPBU solar khusus untuk koperasi nelayan,” ujarnya.

Ditempat sama, Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH juga meminta Menteri Teten Masduki agar mendukung pengembangan UMKM dan Koperasi di Buteng khusus teri Waburense.

“Pak menteri ini perlu didukung karena ternyata teri medan itu ambil bahan bakunya dari teri waburense,” pinta politisi NasDem itu.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page