oleh

Berkunjung ke Baubau, Wisatawan Mancanegara Sail To Indonesia 2022 Merasa Senang

-NEWS-229 dibaca

BAUBAU – Kumpulan wisatawan mancanegara (Wisman) yang tergabung dalam Sail To Indonesia 2022 kembali melakukan kunjungan ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai 27 sampai 31 Agustus 2022.

Mewakili para peserta Sail, wisman asal Australia, mister Wone mengaku pihaknya sangat senang menikmati perjalanan dari perairan Pasarwajo menuju Baubau.

“Pemerintah dan masyarakat sangat luar biasa. Kami senang atas sambutannya,” ujarnya Wone dalam keterangannya ditulis Selasa, 30 Agustus 2022.

Baca Juga : Masuki Kantor Baru, ini Pesan dan Harapan Kadis Kominfo Sultra

Kedatangan para wisman itu juga mendapat sambutan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dengan menampilkan tarian perang galangi kemudan santap siang bersama di Baruga Wolio, Kelurahan Melai.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Roni Muhtar berharap para wisman dapat menikamati perjalanan ke Baubau sehingga ketika kembali ke negara para wisman dapat menceritakan pengalaman baiknya saat berkunjung ke daerah eks pusat Kesultanan Buton itu

Ia juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat menikmati kekayaan budaya, wisata serta adat istiadat masyarakat Buton di Kota Baubau.

Baca Juga : KLPPS Desak Disnakertrans dan DPRD Sultra Copot Direktur Utama PT. Tiran Indonesia

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah kegiatan kepada para Sail diantaranya mengunjungi Museum Budaya Wolio, menyaksikan upacara Ngaben di Kelurahan Ngkaring-ngkaring, berkeliling benteng Wolio serta tawaran lainnya dari pemandu wisata atau pegiat Wisata di Kota Baubau.

“Kami harapkan penyelenggaraan event ini membawa rahmat bagi masyarakat, terutama pendapatan perkapita. Terkait promosi wisata, mereka yang telah berkunjung bisa menyebarluaskannya kepada teman dan keluarga untuk berkunjung kembali ke Baubau,” terangnya.

Sebagai informasi, rencananya ada 15 kapal Yacht yang bakal singgah di Baubau. Sejauh ini, sudah 11 kapal yang berlabuh dengan membawa sekitar 15 wisman dari berbagai negara seperti Australia, Prancis, Amerika dan negara lainnya.

Penulis : Ardilan

Facebook : Mediakendari