oleh

Berusia ke-57 PT Taspen Hadirkan Berbagai Inovasi

Reporter : Taswin/Editor : Indi La’awu

KENDARI – Genap berusia 57 tahun, PT Taspen (PERSERO) semakin matang menancapkan cakarnya dengan menghadirkan berbagai macam inovasi guna memudahkan peserta Taspen.

Branch Manager Taspen Kendari, Fuji Widya Rachmadi, saat dihubungi  MEDIAKENDARI.com via seluler, 16 April 2020 memaparkan berbagai macam inovasi yang dilakukan oleh PT Taspen diantaranya membuat Bank Mantap yang merupakan anak perusahaan Taspen, Layanan Klim Otomatis, Layanan 1 jam, Mobil Layanan Taspen (Mobtas), Taspen Mobile, wirausaha ASN maupun inovasi terbaru taspen yaitu Taspen Pesona dalam hal pelayanan secara digital dan Taspen Otentikasi – Smartcard .

“Dengan Taspen Otentikasi-Smartcard peserta pensiun dapat mengambil uang pensiun tiap bulan tanpa harus  datang ke mitra bayar, hanya melalui aplikasi otentikasi yang sudah terinstal di Smartphone masing-masing peserta dapat langsung ke ATM untuk mengambil uang pensiun,” jelasnya.

Selain berbagai inovasi yang dihadirkan, PT Taspen juga semakin mematangkan diri mengelola program-programnya, seperti Tunjangan Hari Tua, Dana Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian. Bukan hanya itu, core business dalam hal pelayanan terhadap peserta ASN aktif maupun peserta pensiunan selalu ditingkatkan dalam hal kemudahan dan transportasi

Lanjutnya, dengan mengandalkan core business disisi layanan bukan sesuatu yang mudah bagi Taspen untuk dapat menjalankannya, tapi dengan tata nilai yang dimiliki Taspen yaitu integritas, profesional, inovatif,kompetitif dan tumbuh, Taspen selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk stakeholder dan peserta.

“Di ulang tahun ke-57 ini juga dengan mengusung tagline “Sukses Taspen, Jamin Kesejahteraan ASN”, PT. Taspen (PERSERO) dalam kesederhanaan tetap optimis mengembang amanah yang besar kepada peserta  baik ASN aktif yang berjumlah lebih dari 4 juta dan peserta pensiun yang berjumlah lebih dari 2,5 juta dengan berbagai cara baik dengan bekerja sama dengan lebih dari 45 mitra bayar dan Pos,” terangnya.

Untuk diketahui sejarah terbentuknya Taspen bermula dari konferensi kesejahteraan pegawai negeri yang diselenggarakan pada tanggal 25 sampai 26 Juli 1960 di Jakarta yang menghasilkan keputusan menteri pertama RI Nomor 388/MP/1960 tanggal 25 Agustus 1960. Dalam keputusan tersebut, pemerintah menetapkan pentingnya pembentukan jaminan sosial sebagai bekal bagi pegawai negeri dan keluarganya di masa purna bakti.

Kemudian pada tanggal tanggal 17 April 1963, terbentuklah Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PN Taspen), selanjutnya pada tanggal 18 November 1970 berubah menjadi Perum Taspen, dan sejak tanggal 4 Januari 1982 Taspen berubah menjadi PT sampai sekarang atau lebih dikenal PT. Taspen (PERSERO).

Terkini