NEWS

BI Sultra Dukung UMKM Melalui Tiga Kebijakan

489
×

BI Sultra Dukung UMKM Melalui Tiga Kebijakan

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai kegiatan

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (Sultra), Aryo Wibowo T Prasetyo mengungkapkan, secara umum untuk mendukung UMKM pihaknya memiliki tiga kebijakan, yakni sinergi lintas sektor, peningkatan kapasitas dan pendampingan pembiayaan.

“Hari ini salah satu model dukungan BI bagi UMKM yaitu peningkatan kapasitas. Kita memberi penguatan teman-teman pelaku UMKM dalam mekanisme pengurusan sertifikat halal dan izin edar,” kata Aryo pada Capacity building UMKM Sultra Expo 2022, Rabu 13 Juli 2022.

Baca Juga : MAN IC Kendari Wakili Sultra di Ajang Pertukaran Pelajar ke Amerika, ini Pesan Kepala kanwil Kemenag

Menurutnya, peningkatan kapasitas terkait mekanisme pengurusan sertifikat halal dan izin edar produk sangat penting dalam mendukung para pelaku UMKM agar dapat go digital dan ekspor.

“Agar produk yang dihasilkan memiliki jaminan, kepastian serta layak dikonsumsi. Apabila ada pembeli skala besar, diekspor ke luar negeri maka akan dipertanyakan sertifikat halal dan izin edarnya,” ujar Aryo.

Baca Juga : Di Kendari, Penipuan Karena Game Berujung Damai 

Di tempat yang sama, Kepala BPOM Kendari, Yoseph Nahak Klau mengatakan, pengurusan surat izin edar produk pangan cukup mudah dan dapat dilakukan dalam sehari.

“Prosesnya memang satu hari karena dia hanya pemenuhan komitmen. Bagi yang mau mengurus surat izin edar bisa datang ke Kantor Balai POM Kendari,” pungkasnya.

Reporter: Sardin D.

You cannot copy content of this page