oleh

BI Sultra Pastikan Ketersediaan Uang Rupiah Selama Ramadan dan Idul Fitri

-NEWS-113 dibaca

KENDARI – Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) ramadhan dan idul fitri tahun 1443 H/2022 menyediakan uang tunai sebesar Rp 2 triliun dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo mengatakan kebutuhan masyarakat akan uang tunai pada periode ramadan dan idul fitri tahun 1443 H/2022 ini diperkirakan sebesar Rp 1,4 triliun.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah Ramadan 2022 di Pemkab Konawe

“Naik sebesar 7,7 persen (yoy) dibandingkan dengan idul Fitri tahun 2021 lalu sebesar Rp 1,3 triliun, hal ini di pengaruhi dengan aktivitas masyarakat yang sudah mulai normal,” jelasnya Kamis, 07 April 2022 saat di temui awak media usai mengikuti acara bincang bareng media dan buka bersama.

Aryo menyebutkan untuk menghadapi pola tersebut, KPwBI Sultra senantiasa berupaya untuk memenuhi kecukupan uang rupiah masyarakat melalui kas keliling, kas titipan, maupun koordinasi dengan perbankan terkait penetapan 96 titik penukaran Rupiah.

“Kondisi Inflow-Outflow Pasca HBKN Ramadhan Nilai outflow pada HBKN Ramadhan dan Idul Fitri cukup tinggi secara siklus tahunannya sehingga dilakukan langkah antisipatif oleh KPwBI Sultra dalam memastikan kecukupan peredaran rupiah,” imbuhnya.

Baca Juga : Bupati Konawe : Seluruh Pegawai P3K Agar Bekerja Sesuai Amanat Pemerintah 

Selanjutnya Aryo menjelaskan KPwBI Sultra memastikan ketersediaan uang rupiah salah satunya melalui jadwal kas keliling yang dilaksanakan di dalam dan luar kota.

“Dalam rangka mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah, Bank Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mengikuti kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah melalui berbagai event, salah satunya Ayomi CBP Rupiah dan Pakai QRIS pada tanggal 27 Maret 2022,” pungkasnya.

Penulis : Sardin.D