NEWS

BPK Sultra Imbau Para Kades di Konsel Kelola Dana Desa dengan Baik

678
×

BPK Sultra Imbau Para Kades di Konsel Kelola Dana Desa dengan Baik

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Dadek Nandenar mengimbau para kepala desa (Kades) di kabupaten Konawe Selatan (Konsel) agar mengelolah dana desa dengan akuntabel.

Hal itu disampaikan Dadek saat melaksanakan sosialisasi optimalisasi peran, tugas dan Fungsi BPK dan DPR dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa, Anggota Komisi XI DPR RI Bahtra, Bupati Surunuddin yang dihadiri 336 kepala desa, di Auditorium Kantor Bupati Konawe Selatan, Senin 08 Mei 2023.

“Dikesempatan ini saya sampaikan agar kepala desa (kades) dalam mengelola dana desanya secara baik dan Akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan. Jadi kalau menerima pendapatan uangnya itu harus ada buktinya, disimpan dimana, dibelanjakan ada buktinya belanja dimana. Sisanya harus cocok, uang yang dibelanjakan harus pas dengan ketersediaan anggaran,” ungkapnya.

Kata Dadek, BPK itu bertugas memperbaiki tata kelola keuangan. Yang muaranya bentuk rekomendasi. “Intinya kami melakukan perbaikan dan pembinaan agar kedepan tidak ada lagi masalah-masalah berkaitan dengan penggunaan anggaran negara,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Surunuddin Dangga mengimbau agar aparaturnya bekerja harus cerdas mengelola anggaran.
Hal itu, kata Surunuddin, agar pembangunan ke masyarakat dapat terwujud dengan tidak menyalahi pengelolaan anggaran.

“Saya pesan para kepala desa agar membuat perencanaan yang baik kalau mau ada prestasi. Penggunaan uang negara sudah ada aturannya. Jalankan aturannya dalam pengelolaan anggaran negara,” imbau Surunuddin.

Sekali lagi, tambah Surunuddin, penting dalam pengelolaan anggaran berawal dari perencanaan dan memahami betul penggunaan dan tata kelola anggaran negara.

Untuk diketahui kegiatan sosialisasi itu juga dihadiri oleh Wabup Konsel Rasyid Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Kajari Konsel Herlina Rauf, Sekda Konsel Hj St Chadidjah, Para Camat serta kepala OPD lingkup Pemkab konsel.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page