Bulan Depan, Mubar Gelar MTQ

Reporter: Jul Awal
Editor: La Ode Adnan Irham

LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) bakal menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), pertengahan Februari bulan deoan.

Kegiatan itu sengaja digelar sebelum pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Sultra, yang rencananya dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan bulan Maret.

Mempersiapkan MTQ tingkat Mubar, Kamis (15/01/2020), Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar melaksanakan rapat perencanaan dan pembentukan panitia penyelenggaraan MTQ. Hadir seluruh Forkopimda, OPD, para camat dan Kapolsek se-Mubar, dan para Kepala KUA Kecamatan di aula Kantor Bupati.

Bupati Mubar, Laode M Rajiun Tumada melalui Asisten Administrasi dan Pemerintahan Setda Mubar, Abdul Nasir Kola mengatakan, rapat dilakukan untuk memilih dan menetapkan kafilah Mubar yang akan mengikuti kompetisi MTQ provinsi pada Maret mendatang.

“Jadi mulai hari ini itu sudah harus bekerja, mengingat waktu penyelenggaraan MTQ provinsi pertengahan maret. Satu bulan sebelum itu, sudah harus ada duta Mubar yang akan didaftar disana,” ungkap Nasir Kola saat membuka rapat.

Ia juga menambahkan, mengikuti kegiatan seperti ini merupakan wujud visi misi bupati dalam membangun sumber daya manusia dibidang keagamaan.

Dalam kesempatan itu pula, Nasir Kola menetapkan tempat pelaksanaan penyelenggaraan MTQ Kabupaten Mubar tahun 2020, di Kecamatan Lawa. Kesepakatan itu sesuai Ini sesuai hasil rembug para camat se-Lawa Raya.

“Jadi sebelumnya tempat pelaksanaan STQ itu diwilayah Kusambi raya, dan pelaksanaan MTQ pertama juga di Tiworo raya maka MTQ kali ini kita pusatkan di Lawa Raya. Jadi silahkan rembug empat Camat yang ada di Lawa Raya” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kemenag Mubar H. Kamarudin melalui Kasubag Tata usaha Laode Safludin mengatakan pelaksanaan MTQ provinsi ditempatkan di Kabupaten Konawe Selatan.

Dijadwalkan pada tanggal 22 maret 2020. Ia juga mengimbau kepada semua KUA se-Muna Barat agar mempelajari juknis agar tidak ada perbedaan persepsi.

“Dasar kita adalah juknis yang disediakan oleh LPTQ jadi semua harus dimiliki agar persepsi kita tidak ada perbedaan” ungkapnya saat rapat itu.

Safludin juga menyebut untuk MTQ Nasional akan dilaksanakan di Kota Padang pada juli mendatang. Ia berharap semoga Mubar bisa masuk mewakili lagi Sultra pada MTQ Nasional ke 27 di Medan tahun lalu. (A)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda