NEWS

Bupati Kery Sediakan Bibit Unggul Perkebunan dan Pangan untuk Tahun 2022

320
×

Bupati Kery Sediakan Bibit Unggul Perkebunan dan Pangan untuk Tahun 2022

Sebarkan artikel ini
Tampak Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan hasil panen padi petani pada tahun 2022 cukup melimpah.

“Selain hasil panen memuaskan, kualitas pertanian juga sangat terjaga,” kata Kery beberapa waktu lalu.

Menurutnya, akan menyalurkan bibit unggul untuk pertanian dan perkebunan kepada petani. Pemberian bibit tersebut bagian dari programkan Konawe Gemilang milik Bupati Kery.

Baca Juga : Gelar Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, Pemkot Kendari Siap Sambut Digitalisasi TV

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Gunawan Samat mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, menuturkan, untuk tahun 2022 pihaknya menyiapkan bibit unggul untuk dua bidang yakni bibit perkebunan dan tanaman pangan.

“Untuk bidang perkebunan itu ada kelapa sawit, nilam, lada dan kopi. Sedangkan untuk tanaman pangan itu ada jagung manis, tomat, kacang panjang dan cabe,” bebernya.

Baca Juga : Ketua TP-PKK Serahkan Uang Tunai dan Kebutuhan Pokok pada Korban Kebakaran

Menurutnya, banyaknya bibit yang disiapkan itu mengacu pada anggaran. Sementara anggaran pengadaan bibit itu bervariasi ada yang 100 juta sampai 300 juta. “Untuk perkebunan itu mulai dari 300 sampai 700 jutaan,” sebut Gusnawan.

Terkait dengan teknis penyaluran bibit, Gunawan Samad mengatakan, penyaluran bibit itu akan disebar di seluruh kecamatan dan penyalurannya dibagi berdasarkan per kelompok tani.

“Pengadaan bibit padi, Gunawan Samad menjelaskan jika untuk tahun 2022 pengadaan bibit padi akan diprioritaskan. Memang ntuk pengadaan bibit padi, tahun ini belum ada, namun itu kami akan prioritaskan di APBN dan itu sudah kami usulkan, tukas Gusnawan. (RED)

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page