NEWS

Bupati Konawe Selatan Minta Jajarannya Bersinergi Tingkatkan PIS-PK 

546
×

Bupati Konawe Selatan Minta Jajarannya Bersinergi Tingkatkan PIS-PK 

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN,MEDIAKENDARI.COM – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga meminta kepada jajarannya dalam hal ini para Kepala Puskesmas (Kapus), Camat dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk bersinergi dalam mendukung program pemerintah daerah (Pemda) melalui peningkatan kesehatan masyarkat.

Imbauan itu disampaikan bupati dua periode ini, dalam pertemuan Koordinasi integrasi, program dan sektor intervensi Peningkatan Capaian Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang digelar oleh Dinkes Konsel pada Jumat malam, 12 Agustus 2022, disalah satu hotel di Kota Kendari.

“Program ini harus tersinergi, antara sektor-sektor tertentu. Tidak bisa lagi jalan masing-masing, Olehnya itu saya tekankan kepada Kapus, Camat dan Dinkes untuk lebih serius mendukung program ini,” kata Surunuddin dalam sambutanya.

Baca Juga : Tiga Nama Pj Bupati di Sultra Beredar, Pj Sekda : SK Baru Mau Diambil

Untuk itu, mantan Ketua DPRD konsel ini, berharap, melalui pertemuan ini, kata dia, informasi-informasi yang diperoleh tentang kendala-kendala yang dihadapi, dapat dibahas guna memperoleh kesepakatan dan persamaan persepsi.

” Pertemuan terintegrasi antara Puskesmas, lintas program dan lintas sektor untuk peningkatan capaian PIS-PK di Kabupaten Konsel dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Konsel, dr Boni Lambang Pramana menjelaskan program tersebut merupakan program indonesia sehat,melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan di kabupaten konsel semakin meningkat.

Direktur RSU Konsel ini menerangkan bahwa program pembangunan kesehatan di Konsel mengacu pada tiga pilar PIS yaitu, mengedepankan paradigma sehat, kemudian penguatan pelayanan kesehatan serta pemenuhan Universal Health Coverage melalui Jaminan Kesehatan.

Baca Juga : Pemkot Kendari Harapkan 194 Jamaah Haji Bermanfaat di Masyarakat

“Pelaksanaan tiga pilar PIS-PK tersebut mempunyai target sasaran seluruh usia (total coverage) mengikuti siklus kehidupan (life cycle), sehingga integrasi pelaksanaan pelayanan kesehatan dapat dilakukan lebih efektif jika melalui pendekatan keluarga. Melalui pendekatan keluarga, dengan melakukan screning untuk menilai faktor-faktro resiko penyakit yang ada dalam keluarga tersebut. Wujud dari itu nantinya bisa dietahui indeks dari nilai dari tingkat kesehatannya,” lanjutnya.

Ia berharap melalui pertemuan ini sinergitas antar sektor lebih solid lagi, sehingga kedepan nilai indek cakupan kesehatan masyarakat lebih meningkat lagi.

“Semoga apa yang, kita cita-citakan dan disepakati dalam pertemuan ini dapat lebih meningkat lagi,” ujarnya.

 

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page