KendariMETRO KOTA

Ciptakan Kemanunggalan TNI dan Masyarakat, Kodim 1417 Kendari Gelar Lomba Mars

401
×

Ciptakan Kemanunggalan TNI dan Masyarakat, Kodim 1417 Kendari Gelar Lomba Mars

Sebarkan artikel ini
Dandim 1417/Kendari, Letkol Corps Penerbangan (CPn) Fajar Wijaya
Dandim 1417/Kendari, Letkol Corps Penerbangan (CPn) Fajar Wijaya

Reporter : Kardin

Editor : Def

KENDARI – Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari resmi menggelar lomba lagu mars Bintara Pembina Desa (Babinsa), minggu (30/12/2018).

Kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan rakyat melalui seni.

Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari, Letkol Corps Penerbang (CPn) Fajar Wijaya menuturkan, selain melaui seni pihaknya juga hendak memperkenalkan tugas-tugas Babinsa kepada masyarakat melalui lagu.

“Jadi, tanpa disadari masyarakat menghafalkan lirik dan itulah yang menjadikannya tahu tugas Babinsa,” ujar Fajar di sela-sela lomba di Lapangan Kodim 1417/Kendari, Minggu (30/12/2018).

Selain itu Fajar juga hendak menciptakan sinergitas tiga pilar antara Pemerintah Kota (Pemkot), Polres Kendari serta seluruh komponen Tokoh Masyarakat yang ada.

Sementara kata Fajar, untuk tujuan khusus lomba yakni dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 yang pastinya memiliki perbedaan pilihan dari setiap masyarakat.

“Pasti ada perbedaan nantinya, biarlah berbeda di bilik suara tapi di luar kita tetap satu. Di sinilah kita masuk, melalui lagu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah peserta lomba sebanyak 24 kelompok paduan suara dengan total 398 peserta yang terdiri dari wilayah Kabupaten Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kota Kendari.

Selain itu, ada pula peserta dari Polres Kendari, Satpol PP, Resimen Mahasiswa (Menwa) serta pelajar.

Secara historis, lagu mars babinsa sendiri diciptakan oleh Pelda (Purn) Andadio Prabowo yang jabatan terakhirnya sebagai Bati Tuud Koramil 0818/Lawang, Jawa Timur atas perintah Dandim 0818/Malang-Batu Letkol Inf Besar Harto Karyawan. (B)


You cannot copy content of this page