Bupati Buton Utara, Abu Hasan bersama Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Suharman Tabrani saat membahas kerjasama di Rujab Bupati Buton Utara, Selasa (26/3/2019) malam. (Foto : Safrudin Darma/Mediakendari.com)

Bahas Kerjasama Dengan BI, Bupati Butur Paparkan Keunggulan Beras Wakondu

Reporter : Safrudin Darma

Editor : Kang Upi

BURANGA – Setelah sukses dengan pembangunan Mini Laboratorium Pertanian Organik MA-11, Pemerintah Kabupaten Buton Utara terus meningkatkan kualitas kerjasama dengan Bank Indonesia, dengan menggagas program baru.

Bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Suharman Tabrani dan jajaran, Bupati Butor Utara, Abu Hasan yang didampingi sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), membahas program kerjasama tersebut, Selasa (26/3/2019) malam.

Dikesempatan tersebut, Abu Hasan menjelaskan, hasil pertanian Butur sangat bagus dan berkualitas. Salah satu produk unggulannya yakni Beras Wakawondu, Wantata dan sejumlah produk lainnya.

“Saya kira kabupaten di Sultra yang cocok di program kegiatan bercocok tanam adalah Kabupten Buton Utara,” papar Abu Hasan.

Mantan Kepala Biro Humas Pemprov Sultra ini juga menyebut, beras wakondu telah memasuki pasar nasional, sehingga sudah didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, beras organik ini juga mulai menjajaki pasar Internasional.

“Alhamdulillah, beras wakowondu digemari masyarakat Indonesia, bahkan ini sudah terjual di Luar Negeri, ini suatu kebanggaan bagi kita sebagai masyarakat Buton Utara,” tambahnya.

Sementara itu, Suharman Tabrani mengungkapkan, pihaknya tertarik bekerjasama dengan Pemda Butur, karena potensi daerahnya yang kaya. Tidak hanya di sektor pertanian, tapi di semua sektor.

“Daerah ini berpotensi bukan hanya di sektor pertanian, namun banyak sektor seperti perikanan, perkebunan dan lain-lain. Saya harap kerjasama ini akan membawa Butur menjadi daerah yang berkembang dan perekonomian maju pesat,” ujarnya.

Baca Juga :

Ia juga mengucap terimakasih kepada Bupati dan jajaran, karena telah diberikan cinderamata berupa Beras Wakondu, yang merupakan produk asli dan unggulan di daerah tersebut.

“Terimakasih banyak atas cendramata, Beras Wakowondu yang diberikan oleh Bupati Buton Utara. Dan berharap pertemuan ini bukan yang terakhir namun akan menjadi abadi kedepan,” tutupnya. (A)

Iklan HUT Konawe

error: Content is protected !!