oleh

Dalam Kunjungannya ke Korsel, PWI Promosikan Kopi Khas Nusantara

-FEATURED, NASIONAL-77 dibaca

JAKARTA – Sejak lima tahun belakangan ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menjalin kerjasama dengan Asosiasi Wartawan Korea (AWK). Dalam waktu dekat ini, PWI kembali dijadwalkan melakukan kunjungan ke Korea Selatan (Kosel). Dalam lawatannya, rombongan PWI memadukan pers dan kopi.

Memadukan pers dan kopi sengaja dipilih sebagai tema kunjungan. Pertama, untuk kembali memperkenalkan kopi sebagai salah satu komoditas utama Indonesia. Kedua, untuk memetik pelajaran berharga dari masyarakat pers Korea, yang berhasil mempromosikan ginseng sebagai salah satu brand utama negara tersebut.

Seperti disampaikan Sekjen PWI, Hendry Ch Bangun yang memimpin delegasi PWI dalam keterangan yang diterima redaksi.

“Masyarakat pers Korsel memiliki cara yang terbukti jitu ikut mempromosikan ginseng ke seluruh dunia. Setelah itu, mereka berhasil mempromosikan produk-produk unggulan lain dari Korsel seperti yang kita kenal sekarang ini,” ujar Hendry yang juga anggota Dewan Pers RI, Rabu (13/12).

Dia menambahkan, kopi yang dibawa berasal dari Makassar, Pontianak, Aceh, Jambi,  Tanjung Pinang, Bengkulu, dan beberapa daerah lainnya. Kopi akan diberikan kepada institusi dan media yang dikunjungi dalam program tersebut.

Dalam kunjungannya nanti, delegasi PWI dijadwalkan berkunjung ke sejumlah media di Korsel, seperti Hankook Ilbo. Selain itu juga ada rencana kunjungan ke fasilitas Olimpiade musim dingin yang akan diselenggarakan Februari 2018.

“Perlu bagi kita mempelajari persiapan Korsel menggelar event olahraga internasional sekelas Olimpiade. Apalagi dalam waktu dekat Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asian Games,” katanya.

Delegasi PWI juga direncanakan berkunjung ke Institut Konvergensi Teknologi Karbon. Selain itu, delegasi PWI direncanakan bertemu Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Umar Hadi dan Dutabesar Hubungan Internasional Kota Seoul, Kim Chang Beom yang dikabarkan dalam waktu dekat akan menjadi Dubes Korea di Indonesia.

Pertemuan Dubes Umar Hadi dan Dubes Kim Chang Beom diharapkan dapat memperdalam pemahaman mengenai upaya-upaya kedua negara dalam meningkatkan kualitas hubungan bilateral.

Untuk diketahui, selain Hendry, ada beberapa anggota delegasi lainya yakni Ketua PWI Sumatera Utara Hermansjah, Ketua PWI Jambi Saman Muraki, Sekretaris PWI Kep. Riau Saibansah Dardani, Ketua PWI Jogjakarta Sihono, Ketua PWI Solo Anas Syahirul Alim, Ketua PWI Sulawesi Barat Naska Mahmud Nabhan, Sekretaris PWI Sulawesi Selatan Anwar Sanusi, Ketua PWI Kalimantan Barat Gusti Yusti Ismail, dan Ketua Bidang Luar Negeri PWI Pusat Teguh Santosa.

Redaksi

Terkini