oleh

Dana BOS 2020 untuk Madrasah Segera Cair

Reporter : La Ato

KENDARI – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Saleh mengungkapkan dana BOS tahun 2020 bagi madrasah yang sempat tertunda karena refocussing untuk penanganan Covid-19 akan segera cair.

“Saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam masih finalisasi penetapan data alokasi untuk masing-masing madrasah di seluruh wilayah Nusantara, termasuk Sultra. Kalau ini sudah tuntas, maka akan disalurkan kepada masing-masing madrasah negeri semua jenjang, dari MI sampai MA,” kata Muhammad Saleh saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 26 November 2020.

Untuk madrasah negeri, kata dia, langsung melalui DIPA masing-masing Madrasah. Sedangkan madrasah swasta melalui DIPA kantor kementerian agama kabupaten/kota.

“Intinya kita tinggal menunggu saja, karena semuanya menjadi kewenangan pusat. Tahun ini semuanya sudah tuntas dan akan dicairkan,” ujarnya.

Ia mengaku untuk besaran dana masing-masing Madrasah disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.

“Ini kan masing-masing siswa itu Rp 100 ribu. Sesuai dengan data EMIS semester ganjil tahun 2020, jumlah siswa kita 80.680 siswa. Dengan rincian, RA sebanyak 8.811 siswa, MI sebanyak 22.916 siswa serta MA sebanyak 16.801 siswa,” tuturnya. (2).

Terkini