oleh

Dari Tahun Ke Tahun Produksi Gabah Petani Meningkat, Gunawan: Ini Sesuai Visi Misi Bupati KSK.

-NEWS-53 dibaca

KENDARI – Sesuai dengan visi misi Bupati Konawe, Kery Saifull Konggoasa dalam membangun kabupaten Konawe di Sektor Pertanian terus meningkat dari tahun ke tahun.

Buktinya, tahun ini (2022) Bupati KSK meluncurkaan program sejuta ton gabah melalui Dinas Pertanian Konawe dengan target selama lima tahun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, H. Gunawan. Gunawan mengatakan sejak tahun 2019 Dinas Pertanian terus mengalami peningkatan produksi gabah Petani dari target yang di tencanakan Pemerintah Kabupaten Konawe.

“Mulai tahun 2019 itu target kita 220 ton, ditahun 2020 itu naik lagi targetnya menjadi 225 ton, ditahun 2021 itu 230 ton sampai di akhir masa jabatan beliau target kita itu 240, sehingga pada akhir masa jabatan itu kita mencapai 1150 ton gabah, dari target itu kita sudah melebihi apa yang sudah kita targetkan” ujarnya saat diwawancarai pada Rabu 9 Maret 2022.

Baca Juga : Pemprov Sultra Bakal Gelar Pasar Murah untuk Antisipasi Kelangkaan Minyak Goreng 

Lebih lanjut Gunawan mengatakan bahwa program sejuta ton gabah itu akan tercapai di akhir masa jabatan.

“Diakhir masa jabatan itu kita targetkan mencapai satu juta seratus lima puluh ton gabah,” Katanya.

Selanjutnya Gunawan mengharapkan produksi beras dapat terus dipertahankan dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para petani.

Selain itu Dinas Pertanian Konawe juga banyak menyalurkan bantuan bibit kepada petani.

“Pada tahun 2022 ini rencananya dibidang perkebunan ada bantuan bibit kelapa sawit, Nilam, kopi dan lada. Sedangkan dibidai tanaman pangan kita ada bantuan pestisida, pupuk organik untuk petani, disamping itu ada bantuan jagung manis, kacang panjang dan tomat,” bebernya.

“Luas tanah kita ditargetkan 30 hektar, diluar dari sawah,” pungkasnya.

 

Reporter : Dila Aidzin

Terkini