NEWS

Delapan Mahasiswa Terbaik Asal Sultra Dikirim ke Amerika

1304
×

Delapan Mahasiswa Terbaik Asal Sultra Dikirim ke Amerika

Sebarkan artikel ini
Tampak suasana breafing sebelum keberangkatan

KENDARI – Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun secara resmi melepas delapan mahasiswa putra-putri terbaik asal Sultra, yang berhasil memenuhi syarat untuk mengikuti program summer di University of Arizona Amerika Serikat, Senin 30 Mei 2022.

Dalam program tersebut pihak pemerintah Sultra bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF).

Diantaranya delapan mahasiswa tersebut yakni Angkatan 2019 atas nama Elvira Dwi Hapsari jurusan Management, La Ode Muhammad Zulfan Fadil Amin jurusan Manajement, dan Stefany Fritzca Kuen jurusan Accounting.

Angkatan 2020 yakni Azhari Tumada jurusan Mechanical Engineering, Devi Maha Rani jurusan Manajement, Meisya Nurahmasari jurusan Manajement, Queen Sahana Tazky Han jurusan English Language Teaching, dan Muhammad Fadli Fiqliansyah jurusan Mechanical Engineering.

Baca Juga : TPP ASN di Baubau Segera Dibayarkan 

Asrun menjelaskan program bantuan pendidikan yang digagas oleh Pemerintah Sultra bekerja sama dengan Sampoerna University tersebut, merupakan wujud keseriusan di bidang pendidikan dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Sampoerna University menawarkan pendidikan terbaik bagi  yang menginginkan pendidikan berskala internasional dan Pemprov Sultra menyahutinya, mengingat Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang mengadapatasi kurikulum pendidikan tingkat lanjut dari Amerika Serikat dan menyesuaikannya dengan kurikulum di Indonesia,” jelas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra ini Selasa, 31 Mei 2022.

Asrun juga menyebutkan Gubernur, H Ali Mazi SH telah berpesan bahwa pendidikan berkualitas merupakan hak bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk Sultra, yang diantaranya bisa diwujudkan melalui kerjasama erat antara Pemprov dan Sampoerna University.

“Aktivitas utama para mahasiswa ini nantinya yakni mengikuti perkuliahan selama 10 minggu di University of Arizona, serta aktivitas lainnya dalam rangka mengenal budaya maupun alam di Arizona,” bebernya.

Baca Juga : Mantan Ketua HmI Kolaka Soroti Dugaan Tambang Ilegal dan Kinerja Kepolisian di Kolaka Utara 

Lebih lanjut Asrun juga menyebutkan, program ini diyakini mampu memperkaya life skill atau keterampilan hidup maupun pengalaman belajar mahasiswa di negara asing.

“Mahasiswa kita juga bisa mengasah secara langsung keterampilan dasar ini, yang kelak mendampingi ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di universitas, sehingga diharapkan meraih kesuksesan di masa mendatang,” imbuhnya.

Ia juga mengakui, tujuan program tersebut sangat positif, diantaranya bisa mengembangkan keterampilan hidup maupun kemampuan dasar, seperti kemampuan berkomunikasi, pemecahan masalah, pembuatan keputusan, dan menanggulangi tekanan dan stres.

“Ini juga bisa memperkaya pengalaman akademik belajar dari University of Arizona, dan bisa mengasah kompetensi mahasiswa dalam berinteraksi ditengah keanekaragaman budaya, memahami kultur asing, serta mengembangkan global self-awareness,” pungkasnya.

 

Reporter : Sardin.D

You cannot copy content of this page