oleh

Desa Lasama Mubar Hibahkan Tanah Seluas 80 Hektar untuk Pembangunan Rumah Pemukiman

-NEWS-347 dibaca

MUNA BARAT, MEDIA KENDARI.COM – Pemerintah Desa Lasama Kabupaten Muna Barat Kecamatan Tiworo Kepulauan, baru saja menyerahkan surat hibah tanah pada Selasa (12/10/2022) Kemarin. Bukti hibah itu diberikan langsung kepada Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, La Ode Muhammad Amrin.

Penyerahan akta hibah digelar di Balai Desa Lasama, dengan disaksikan langsung Kapolsek Tiworo Kepulauan, perangkat desa, dan sejumlah masyarakat setempat.

Kepala Desa Lasama, Baali Laode mengatakan bahwa tanah hibah yang diserahkan Pemerintah Desa kepada daerah luasnya sebesar 80 hektar. Tanah tersebut merupakan tanah milik warga dan pemerintah setempat.

Baca Juga : Pemkot Kendari Bakal Evaluasi Izin Kendaraan Tambang yang Melintas di Kota Kendari

“Jadi dari 80 hektar itu, 32 hektarnya tanah masyarakat dan 48 hektarnya milik desa sendiri,” ungkapnya

Baati mengaku, proses pengalihan tanah ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat hingga Pemerintah setempat. Menurutnya, tanah yang nantinya digunakan sebagai program Pemerintah, juga akan berdampak positif. Yakni kesejahteraan masyarakat, terkhususnya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah itu dimasa mendatang.

“Kita sebagai Pemerintah Desa dan juga masyarakat, sangat mendudkung program ini. Karna tidak bisa dipungkiri jika pembangunan rumah pemukiman ini terjadi, jelas ekonomi masyarakat dengan sendirinya akan meningkat,” jelasnya.

“Dan saya berharap, bagaimana caranya Pemerintah Daerah bersungguh-sungguh, untuk mewujudkan program ini dihadapan masyarakat,” sambungannya.

Baca Juga : Sambangi Kemenkumham Sultra, Ombusman RI Puji Pelayanan Publik pada Masyarakat

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, La Ode Muhamad Amrin mengatakan, bahwa lahan hibah yang telah diserahkan Pemerintah Desa Lasama, pada tahun 2023 mendatang akan gunakan sebagai kawasan pembangunan rumah pemukiman. Dalam program tersebut, rencananya akan dibangun rumah sebanyak 1000 unit, yang diperuntukan untuk masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah terima bukti hibah tanah lahan masyarakat. Setalah ini kita akan laporkan kepada pak Bupati, untuk kemudian menunggu arahan untuk tahap selanjutnya program pembangunan kawasan perumahan, yang rencananya akan dibangun tahun depan” katanya.

Lanjut, kata dia, program tersebut merupakan salah satu program prioritas Pemerintah, dalam membantu mengurangi beban masyarakat pasca Covid-19, dan keadaan inflasi yang dirasakan saat ini.

“Jadi baklock perumahan ini hadir karena adanya dampak. Dimana pendapatan masyarakat menurun dan pertambahan penduduk bertambah,” ungkapnya.

Baca Juga : HUT Kota ke-21 Tahun, Pemkot Baubau Sediakan Stand Khusus Bagi Pelaku UMKM

Selanjutnya, ketua PSSI Mubar itu mengatakan, usai pelaksanaan penyerahan hibat, pihaknya bersama dinas perumahan profinsi dalam waktu dekat akan melaksanakan tahapan pembersihan dan pengukuran lahan.

“Rencananya bulan Oktober ini untuk persiapan Ling clearing pembersihan lahan,” tuturnya.

Untuk diketahui, kawasan pemukiman yang segera akan dibangun tahun 2023 mendatang, diracang akan membangun rumah sebanyak 1000 unit dan dilengkapi fasilitas lengkap. Seperti sarana pendidikan, ibadah, olahraga, kesehatan, pasar tradisional, terminal, dan lain sebagainya. Serta pos keamanan yang disiagakan setiap waktu.

Reporter : Wa Irna

Facebook : Mediakendari