Dikmudora Kendari Bakal Pindahkan Kepsek yang Tidak Mampu Tangani Siswanya dari Aksi Tawuran

NEWS215 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menyampaikan bakal memberi surat pindah tugas kepada Kepala Sekolah (Kepsek) yang tidak mampu menangani siswanya.

Hal itu disampaikannya langsung oleh Kepala Dikmudora Kota Kendari, Saemina, saat ditemui mediakendari.com usai deklarasi anti tawuran antar pelajar se-Kota Kendari yang bertempat di Ruang Rola Kantor Wali Kota Kendari, pada Rabu (25/01/2023).

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan sanksi tersebut bakal diberikan kepada Kepsek apabila telah melakukan kesalahan besar yang tidak dapat ditolelir.

“Kalau misalnya terlalu berat sekali tindakan yang sudah dilakukan maka pasti akan ada tindakan yang diambil dari setiap sekolah tetapi juga harus ada persetuen dari orang tua peserta didik. Kan bisa kalau tindakan kita juga sekolah memberikan surat pindah,” katanya.

Namun kata dia untuk sampai saat ini di tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) belum ada yang mendapatkan sanksi tersebut dengan harapan para Kepsek dapat membina dan mendidik para siswa serta mampu menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu Pejabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa setiap sekolah memiliki tata tertib sehingga apabila Kepsek yang tidak mampu menangani siswanya dalam hal ini melakukan tawuran maka akan dikembalikan pada tata tertib sekolah yang telah berlaku.

“Aturannya ada ditata tertip sekolah itu, pasti diatur di situ. Mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan dan apa hukumannya terkait itu. Pasti ada itu,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail