NEWS

Dinas Kebakaran Kota Kendari Bagi Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

534
×

Dinas Kebakaran Kota Kendari Bagi Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kebakaran Kota Kendari, Abdul Rifai

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Jelang mudik lebaran Idul Fitri 2023, Dinas Kebakaran Kota Kendari imbau masyarakat Kota Kendari untuk memperhatikan beberapa hal sebelum meninggalkan rumah.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Kendari, Abdul Rifai mengatakan sebelum meninggalkan rumah masyarakat harus memperhatikan keadaan rumah utamanya mengecek semua kelistrikan yang ada dalam rumah, jika perlu arus kelistrikan itu diputus sehingga tidak terjadi kosleting listrik.

“Warga harus tetap berhati-hati ataupun waspada dengan memperhatikan kondisi keadaan rumah. Terutama penggunaan kelistrikan, kompor, lampu, alat-alat elektronik, setelah dicek kepastiannya baru beranjak dari tempat itu,” ungkapnya.

Baca Juga : Jenderal Dudung Bawakan Tauziah Nuzulul Qur’an di Pusbekangad

Selain itu, Rifai juga mengatakan perlunya menjalin komunikasi dengan tetangga sekitar rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menukar informasi terkait keadaan rumah usai ditinggal pemudik agar tetap dalam keadaan aman.

“Memperhatikan sekeliling rumah sebelum mudik adalah hal yang penting dan wajib dilakukan, sehingga menciptakan perasaan tenang,” katanya.

Dia juga mengatakan beberapa laporan kasus kebakaran di Kota Kendari didominasi oleh arus pendek listrik dan masalah kompor sehingga bisa memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga : Mantan Walikota Kendari Jalani Pemeriksaan Ketiga di Kejati Sultra

“Yakinkan diri kita tinggalkan rumah dalam keadaan aman, jangan ceroboh karena memang manusia ini kan suka lupa,” bebernya.

Ia juga menyampaikan, Damkar Kota Kendari sendiri selalu siaga 24 jam untuk menjalankan tugasnya.

“Kita siaga penuh 24 jam untuk menerima atau informasi hal-hal yang lain, dan pasukan kami selalu siap,” pungkasnya.

Diketahui, Dinas Kebakaran Kota Kendari memiliki 189 petugas, yang terbagi menjadi tiga tim. Kemudian untuk mobil Damkar yang layak beroperasi berjumlah 4 unit.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari.com

You cannot copy content of this page