NEWS

Dinas Ketapang Konawe Selatan Siapkan Sejumlah Solusi Antisipasi Kelangkaan Pangan

941
×

Dinas Ketapang Konawe Selatan Siapkan Sejumlah Solusi Antisipasi Kelangkaan Pangan

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melalui dinas ketahanan pangan (Ketapang) memberikan sejumlah solusi untuk mengatisipasi penanganan kelangkaan bahan pangan di daerah melalui sejumlah program.

Salah satunya mendukung ketahanan pangan sebagai sumber pangan keluarga yakni Pengembangan Konsumsi dan Penganekaragaman dengan pelaksanaan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kepala Dinas Ketapang Konsel, Setia Ningsih Mangidi mengatakan pihaknya telah menyiapkan serangkaian kegiatan melalui program pemberdayaan kelompok tani dalam rangka pemanfaaatan lahan pekarangan.

Ia menjelaskan progra P2L diyakini mampu membangkitkan kekuatan dan ketahanan pangan karena, dengan program tersebut  diharapkan masyarakat bisa menanam sayur mayur organik sehingga kebutuhan gizi bisa terpenuhi.

Baca Juga : Besok, IMI Sultra Jadwalkan Rakerprov 2022

“Program Pekarangan Pangan Lestari diharapkan akan mampu menekan laju pertumbuhan stunting di daerah maka, program Nasional Pemerintah melalui P2L akan berjalan seiiring dengan program nasional pencegahan terjadinya Stunting,” ujarnya Jumat, 08 April 2022.

Selain itu, lanjut dia, mengatakan program lainnya adalah  membantu menjawab masah kelangkaan bahan pangan seperti minyak goreng,  dengan nelakukan monitoring dan melakukan penyuluhan kepada kelompok masyarakat tani tentang cara atau teknis mengolah minyak goreng yang higienis.

“Kami telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang melibatkan aparat TNI dan Polri dalam rangka  untuk mengotrol, mengawasi dan menindak tegas oknum pelaku kejahatan penimbunan barang,” bebernya.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page