Dinas PUPR Baubau Atasi Genangan dengan Mobil Pompa

NEWS248 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencoba mengatasi genangan air yang kerap terjadi dibeberapa titik di daerah itu dengan menyiapkan mobil pompa untuk mempercepat surutnya genangan air.

Kepala Dinas PUPR Baubau, Andi Hamzah mengungkapkan pihaknya menyiapkan mobil pompa tersebut karena dalam dua tahun terakhir Kota Baubau dilanda cuaca ekstrem cukup tinggi.

Mobil pompa, kata Andi Hamzah, telah diuji coba saat terjadi genangan di perempatan jalan depan SMA Negeri 2 Baubau yang disedot dan dialirkan menggunakan pipa yang telah terpasang menuju outlet pembuangan Bone-Bone. Hasilnya, genangan air berhasil surut dengan cepat.

“Kalau depan SMAN 2 memang cukup tinggi genangan kalau curah hujan tinggi. Jadi kita bantu untuk mempercepat, karena itu termasuk wajah Kota Baubau. Disitu kita sudah buatkan pipa sehingga airnya kita buang di outlet Bone-Bone. Kemarin kita sudah uji coba dan berlangsung cukup cepat surut airnya,” ungkap Andi Hamzah, Selasa 10 Januari 2023.

Andi Hamzah mengaku pihaknya juga berencana menyasar titik lain yang kerap terjadi genangan misalnya ruas jalan Palatiga di Kelurahan Bukit Wolio Indah. Hanya saja, dititik tersebut terdapat kendala karena belum ditemukan tempat untuk pembuangan air setelah disedot.

“Karena kalau kita sedot, kita harus lansung buang airnya ke outlet. Itulah yang menjadi hambatan kita dibeberapa titik genangan lainnya seperti di Palatiga, yang genangannya tidak bisa cepat hilang seperti yang kita harapkan karena memang pembuangan belum kita temukan,” katanya.

Andi Hamzah menambahkan dirinya mengimbau masyarakat yang di lingkungannya kerap terjadi genangan agar melapor ke Dinas PUPR Baubau sembari mencari titik pembuangan karena mobil pompa tersebut beroperasi secara mobile.

Penulis : Ardilan