NEWS

Dinilai Berprestasi, Pemdes Ataku Diganjar Tambahan Dana Desa

1098
×

Dinilai Berprestasi, Pemdes Ataku Diganjar Tambahan Dana Desa

Sebarkan artikel ini
Tampak suasana pembukaan musrembang

KONAWE SELATAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Ataku Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun ini mendapat tambahan kucuran Dana Desa (DD) sebesar Rp 260.000.000, atas prestasi kinerja sebagai desa dengan cakupan vaksinasi tertinggi di wilayah kecamatan Andoolo.

Hal itu dibeberkan saat digelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang) di Balai Desa Ataku, Senin, 10 Januari 2022.

Atas capaian itu, Kades Ataku Alhamsah,mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten, dan pemerintah kecamatan, kepada seluruh aparat, satgas covid-19 desa Ataku, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta seluruh masyarakat desa ataku yang bersama-sama mendukung dan memutus mata rantai peredaran covid-19.

Baca Juga : Selama 2021, di Baubau Minim Bencana

Dijelaskan Alhamsah, jumlah anggaran DD yang bertambah, menjadi satu kesyukuran bagi Pemdes Ataku, sebab begitu banyak aspirasi warga dari tahun lalu yang belum mampu terealisasikan hingga saat ini.

“Olehnya melalui penambahan anggaran ini berharap kami bisa mengoptimalkan kinerja dengan prioritas kebutuhan masyarakat,” pintahnya.

Alamsah, membeberkan jumlah anggaran dana Desa Ataku tahun 2021 berjumlah Rp 660.383.000, ditambah dengan tambahan alokasi kinerja atas prestasi yang ditorehkan sebesar Rp. 260.000.000 jadi jumlah total anggaran DD tahun 2022 sebesar Rp 920.383.000.

Melalui kekuatan Dasar Hukum Perpres No.104 Tahun 2021, PMK No.180 Tahun 2021 dan Permendes No.7 Tahun 2021 tentang penggunaan prioritas dana desa tahun 2022.

Baca Juga : Sepanjang 2021, BPJAMSOSTEK Sultra Bayar Klaim Rp 155 Miliar

“Dengan acuan UUD tersebut, Pemdes Ataku menjalankan instruksi aliran dana dengan 40% Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), 20% Program Peningkatan Ketahanan Pangan/Hewani, 8% Penanganan Covid -19 dan 32% Program Prioritas Desa seperti Infrastruktur, pemberdayaan, pencegahan dan penanganan stunting, PKTD Desa. terang Pendamping Desa ke Media ini,” bebernya.

Ditempat yang sama, Camat Andoolo Arsyl saat membuka Musrembang mengatakan,dirinya punya alasan memelih Desa Ataku sebagai awal dalam kunjungan kerja dari 10 desa di Kecamatan Andoolo yang di agendakan. Sebab menurutnya desa ataku merupakan desa tertib administrasi dalam pengelolaan DD.

“Desa Ataku sebagai desa tertib administrasi dalam pengelolaan Dana Desa terbaik dan juga salah satu desa yang mendapatkan tambahan dana alokasi kinerja serta menorehkan jumlah dosis vaksinasi tertinggi di Kecamatan Andoolo, Olehnya itu kami mengapresiasi atas pencapaian prestasi kinerja tersebut,” ungkapnya.

Sambung lulusan IPDN itu, Musrembang ini bertujuan untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan.

Melalui perintah bupati, tambah dia, menjelaskan dengan mengutamakan sektor pembangunan prioritas masyrakat berbasis pedesaan adalah tujuan utama dari Pemda Konsel menuju ‘Desa Maju Konsel Hebat’.

“Olehnya, Saya berharap desa ini agar mampu lebih baik dan berkembang dari tahun-tahun sebelumnya dengan ide dan gagasan pembangunan desa yang positif,” jelas Arsyl.

Untuk diketahui hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Konsel, Bhabinkamtibmas, LPM, BPD, Direktur Bumdes,Tokoh masyarakat, agama dan seluruh lapisan masyarakat Desa Ataku.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page