NEWS

Dispar Sultra Berikan Pelatihan SDM Bidang Makanan dan Minuman di Wakatobi

500
×

Dispar Sultra Berikan Pelatihan SDM Bidang Makanan dan Minuman di Wakatobi

Sebarkan artikel ini

WAKATOBI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra) selaku perwakilan pemerintah provinsi (Pemprov) tak henti-hentinya melakukan upaya dalam rangka meningkatkan sumber daya manuasia (SDM) pada sektor kepariwisataan.

Tahun 2020 ini, Dispar Sultra menggelar pelatihan SDM bidang makanan dan minuman di Wakatobi.

Kegiatan ini berlangsung sejak 28 hingga 30 Juni 2022 di Patuno Resort. Untuk peserta yang ikut dalam akegiatan ini adalah mereka yang berkatifitas sebagai pengelola rumah makan, restauran, hotel dan cafe shop.

Baca Juga : PT RJL Qurban 15 Ekor Sapi di Kecamatan Lambai dan Lasusua

Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat mengetahui dan memahami pengetahuan, memahami sistem SOP, serta memahami pentingnya pelayanan makanan dan minuman yang professional.

Selain itu, pelatihan adalah salah satu langkah agar pengetahuan pada bidang makan dan minum didalami dan menjadi ilmu yang nantinya bisa diapilkasikan pada sektor dan dunia yang digeluti.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara, Erwin Tahir, Kepala Dinas Pariwisata mengatakan, acara ini tidak hanya menghadirkan pemateri lokal.

“Pelatihan ini bagi para wirausaha ini menghadirkan narasumber nasional yakni Sekretaris Dinas Pariwisata Wakatobi Jamuddin,S.Pd., M. Si, Akademisi, Dr. Andi Hasbi, A.Md. Par, S.Sos, MM.CHE dan Praktisi Suliyanto, S.ST Par,” katanya, Selasa, (28/06/220.

Baca Juga : Niat Baik Pria Depan Kampus Baru UHO Berujung Tragis

Menurut Erwin, agenda ini memiliki target bahwa, sasaran capaian peserta dapat mengetahui dan memahami alur maksud kegiatan, memahami sistem SOP, serta memahami pentingnya pelayanan makanan dan minuman yang profesional kepada tamu.

“Kegiatan ini merupakan agenda peningkatan SDM di sektor pariwisata dan agenda pelatihan ini khusus untuk pelatihan para pelaku usaha bidang kepariwisataan agar dapat berinovasi di Kabupaten Wakatobi,” terang Erwin.

Pria yang hobi dengan futsal ini menyebut, pada pelatihan ini para pelaku usaha mampu mengimplementasikan kompetensinya. Ditambah lagi mendapatkan materi sehingga, wawasan semakin meningkat,

“Peserta dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi, dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman yang dapat berguna untuk pembangunan pariwisata kedepannya di Wakatobi,” terangnya Erwin.

Baca Juga : Polresta Kendari Gelar Patroli Gabungan Berskala Besar Demi Berantas Premanisme

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan inovasi baru. Sehingga siap bersaing di masa pandemi hingga berkelanjutan,” sambung Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi yang diwakili oleh Sekretariat Dinas Pariwisata Wakatobi, Jamuddin menambahkan, kegiatan ini dapat meningkatan inovasi dan higienitas para pelaku usaha dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Wakatobi
“Kita harapkan restoran dan rumah makan bisa menerapkan prinsip- prinsip usaha yang berkelanjutan. Menciptakan inovasi dan kreativitas yang membawa kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung,” singkatnya. (ADV)

You cannot copy content of this page