oleh

Ditugaskan ke Bombana, 155 TKNS Berikan Layanan Kesehatan di Puskesmas

Reporter : Hasrun
Editor : Kang Upi

KASIPUTE – Sebanyak 155 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat (TKNS) ditugaskan di Kabupaten Bombana untuk membantu pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang tersebar di sejumlah tempat di Bombana.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana dr.Sunandar menjelaskan, untuk periode 2018 hingga awal 2019, tim TKNS terbagi dalam empat angkatan. Pada angkatan pertama berjumlah 48 orang, kedua 9 orang, ketiga 45 orang dan keempat 53 orang.

“Filosofi TKNS, mereka angkat untuk melayani masyarakat di daerah tertinggal, terpencil, dan daerah kepulauan serta daerah konflik,” paparnya.

Dengah hadirnya Tim TKNS di Kabupaten Bombana, dr.Sunandar mengaku bersyukur karena Tim TKNS membantu memberikan pelayanan kesehatan di wilayah Bombana. Hadirnya TKNS berdampak pada turunnya rasio angka rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana.

“Karena masyarakat kita mendapatkan penanganan kesehatan lebih awal oleh tenaga kesehatan di PKM, baik itu Perawat Desa, Bidan Desa dan ditambah dengan TKNS,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, sesui dengan analisis tenaga kesehatan berdasarkan standar Permenkes No 75 tahun 2014, serta standar akreditasi, Bombana masih membutuhkan 48 tenga kesehatan.

“Di antaranya dokter umum sebanyak 17 orang, dokter gigi sebanyak 14 orang dan tenaga rekam medis,” pungkasnya. (B)

Terkini