KONAWENEWS

Ferdinand Buka Program Sigap SPHP di Konawe

451
×

Ferdinand Buka Program Sigap SPHP di Konawe

Sebarkan artikel ini
Sekda Ferdinand Buka Program Sigap SPHP di Konawe 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan bersama Ka Blog, Abdan Djamir secara resmi membuka program kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, Kamis 31 Augustus 2o23.

Kegiatan yang bertemakan “Siap Jaga Harga Pasar dengan Beras SPHP” merupakan Program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Urusan Logistik (BULOG)  ini sudah berlangsung sejak senin (28/08/2023) lulu yang diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk Wilayah Kabupaten Konawe sendiri kegiatan ini dilakukan secara serentak di 5 pasar yaitu Pasar Sampara, Pasar Pondidaha, Pasar Wawotobi, Pasar Asinua dan Pasar Lambuya, dengan mempercayakan beberapa Outlet pengecer yang berada di pasar – pasar tersebut untuk mendistribusikan beras SPHP.

Sekda Konawe Ferdinand mengatakan pemerintah melalui Bulog telah menyalurkan beras murah seperti beras SPHP ke pedagang. Tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas harga, khususnya harga pangan komoditi beras, serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang selama ini membeli beras dengan harga yang melebihi dari standar pemerintah, mulai hari ini pemerintah menyiapkan beras murah  dengan kualitas medium.

“Harapan kita  program ini memberikan manfaat untuk menjaga stabilitas harga serta kemampuan belanja masyarakat khususnya dikabupaten Konawe, dan mudah-mudahan setelah Perbaikan Jaringan Irigasi kita, yang rencananya per tanggal 1 september  akan ada beberapa wilayah yang sudah  akan buka pintu pengairan sehingga 3 – 4 bulan kedepan kondisi ketersediaan pangan kita khususnya beras, akan semakin bagus” ungkap ferdy.

Ditempat yang sama Kepala Bulog Konawe Abdan Djarmin mengatakan upaya yang dilakukan itu secara bersamaan di beberapa tempat merupakan kewajiban  Pemerintah dalam hal ini Bulog yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, mencoba memberikan pelayanan kemasyarakat dengan memberikan harga beras dengan standar harga paling rendah, yaitu untuk per 5 kg seharga Rp. 47.000, yang pada umummnya dipasar dijual dengan harga Rp. 55.000 sampai dengan Rp.60.000.

“Bahwa kegiatan ini akan rutin dilaksanakan disetiap hari pasar, sifatnya bukan hanya sesaat , tetapi Kontinuitasnya terjaga, jadi selama progam ini ada, maka selama itu pula outlet- outlet yang telah dipercayakan bekerjasama dengan Pemerintah melalui Bulog akan selalu menyediakan beras SPHP ini” Ujar Kabulog Konawe,” cetusnya Abdan.

You cannot copy content of this page