Gadis Muda ini Tipu Puluhan Warga dengan Modus Investasi Hingga Capai Miliaran

NEWS378 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Seorang Gadis berparas menawan berinisial LNJ (27) diamankan Polresta Kendari, di Warkop 21 THR pada Sabtu, 21 Januari 2023, sekitar pukul 17.01 WITA.

Dirinya harus berurusan dengan pihak kepolisian karena diduga kuat telah melalukan tindak pidana penipuan berkedok investasi dan arisan.

Kata Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman mengatakan, kronologi berawal dari sejak bulan November 2022 lalu dengan cara membuat grub whatsapp dengan nama Dana pinjaman (Dapin) agar meyakinkan para korban.

“Melalui grup whatassapp Dana Pinjaman (DAPIN) 10 JUTA, lalu kemudian mencari investor dengan menjanjikan investasi berupa dana pinjaman yang jumlahnya sangat bervariasi misalnya 10 juta kembali 15 juta selama 10 hari dan 5 juta kembali 7,5 juta selama 10 hari,” ujarnya, Minggu (22/1/2023).

Sebelumnya pelaku merealisasikan sistem tersebut dan dibayarkan kepada korbannya. Namun setelah berlanjut, pelaku tidak lagi membayarnya dan uang para korban yang telah disetor langsung diambilnya dengan cara memasukan nama siluman.

“Saudara LNJ memasukan nama-nama yang tidak ada orangnya dan uangnya ternyata diambil sendiri oleh saudara LNJ hanya mengatasnakan orang lain,” katanya.

Untuk sementara korban tercatat sebanyak 65 orang dengan jumlah besaran kerugian yang bermacam-macam, mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah dengan total dana yang digelapkan sebanyak 1,1 miliar.

Guna keperluan penyidikan lebih lanjut, korban saat ini telah diamankan di Polresta Kendari berdasarkan laporan polisi Nomor :LP / B / 16 / I / 2023 /SPKT/ Polresta Kendari / Polda Sulawesi Tenggara, tanggal 20 Januari 2023.

Reporter : Muhammad Ismail