ADVEKONOMI & BISNISPELUANG BISNISPERBANKAN

Gelar RUPS Tahun Buku 2023, Bank Sultra Bagikan Dividen Rp.282 Miliar kepada Pemegang Saham

731
×

Gelar RUPS Tahun Buku 2023, Bank Sultra Bagikan Dividen Rp.282 Miliar kepada Pemegang Saham

Sebarkan artikel ini

KENDARI, mediakendari.com – Bank Sultra menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pada kegiatan RUPS memaparkan hasilnya yang Bank Sultra terus bertumbuh. Hal itu terrcatat, mendapatkan laba bersihnya setelah pajak tahun buku 2023 mencapai Rp403 miliar.

Dengan capaian laba bersihnya Rp 403 miliar, Bank Sultra mengalimi trand peningkat sebesar Rp100 miliar (33,23%) dari tahun buku 2022 sebesar Rp303 miliar.

Hal tersebut berdasarkan Informasi yang disampaikan Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif dihadapan seluruh pemegang saham saat rapat umum pemegang saham (RUPS) tahun buku 2023 di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

RUPS tahunan bank plat merah itu dipimpin Pj Gubernur Sultra selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Asrun Lio, M.Hum., PhD serta dihadiri seluruh bupati dan wali kota se-Sultra selaku pemegang saham Bank Sultra.

Abdul Latif menjelaskan, pertumbuhan laba bersih Bank Sultra didukung oleh ekspansi kredit tahun 2023 mencapai Rp.9.007 miliar atau meningkat sebesar Rp668 miliar atau 8,02% dari tahun 2022 sebesar Rp.8.338 miliar.

“Peningkatan laba Bank Sultra, tentu berdampak pada peningkatan dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Untuk tahun buku 2023 yang akan didistribusikan sebesar Rp282 miliar meningkat sebesar Rp70,4 miliar atau tumbuh 33,23% dari dividen tahun buku 2022 sebesar Rp.212 miliar “ungkap Abdul Latif, Jumat (28/6/2024).

Perlu diketahui dividen Bank Sultra, juga merupakan salah satu pendapatan asli daerah (PAD).

Dalam rangka mendorong penghimpunan dana murah dari masyarakat. Khususnya tabungan Bank Sultra terus meningkatkan inovasi dan pengembangan produk dan/atau jasa. “Saat ini juga, Bank Sultra telah melengkapi aplikasi Bank Sultra Mobile dengan fitur QRIS yang dilaunching pada bulan Oktober 2023,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2023, pengguna Bank Sultra Mobile terus mengalami pertumbuhan. Pada tahun 2023, terjadi peningkatan pengguna aplikasi sebesar 116.58% jika dibandingkan dengan periode tahun 2022. Selain itu, jumlah pengguna Kartu Debit juga menunjukan tren peningkatan.

Lebih jauh Abdul Latif menjelaskan, untuk melengkapi layanan kepada masyarakat, Bank Sultra telah memiliki 1 Kantor Pusat, 1 Kantor Cabang Utama, 15 Kantor Cabang (termasuk 1 Kantor Cabang Jakarta), 7 Kantor Cabang Pembantu, 59 Kantor Fungsional, 9 Payment Point, dan 1 Mobil Kas.

Untuk mesin ATM & CRM, di tahun 2023 mencapai 163 (seratus enam puluh tiga) unit. Ini tersebar di beberapa Kantor Cabang Utama/Cabang/Capem/Kantor Fungsional di wilayah Sulawesi Tenggara dan DKI Jakarta. Serta di beberapa tempat strategis termasuk ATM Drive Thru di Kota Kendari.

Bank Sultra disepanjang tahun 2023 berhasil meraih sederet prestasi serta penghargaan dari berbagai lembaga dan juga berhasil menutup tahun 2023 dengan total aset mencapai Rp13,6 triliun.
“Pencapaian kinerja tahun 2023 ini adalah bukti nyata dedikasi dan kerja keras seluruh insan Bank Sultra yang didukung oleh kepercayaan serta dukungan dari para pemangku kepentingan dan masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi. Saya juga mengajak seluruh insan Bank Sultra mari pertahankan semangat ini dan terus bekerja secara profesional, konsisten, dan berkomitmen tinggi untuk menjadikan Bank Sultra sebagai bank kebanggaan Sulawesi Tenggara,” tutup Abdul Latif.

Pemegang Saham Apresiasi Kinerja Bank Sultra.

Pemegang saham pengendali, Pj Gubernur Sultra yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sekda Provinsi Sultra), Drs. Asrun Lio, M.Hum., PhD memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus Bank Sultra. Sebab, kinerja Bank Sultra sangat baik sepanjang tahun 2023. Hal itu terlihat dari peningkatan laba perusahaan.

Menurut Asrun Lio, trend laba Bank Sultra dalam 5 tahun terakhir, menunjukkan peningkatan yang konsisten. Hal ini mencerminkan kondisi bank yang sehat serta kinerja manajemen berkualitas.

“Prestasi ini tentu patut diberikan apresiasi,” ujar Asrun Lio. Lebih jauh mantan Kadis Dikbud Sultra ini menjelaskan, laba Bank Sultra tentu saja akan dikembalikan ke daerah, dalam bentuk dividen. Kemudian, dividen akan dimasukkan dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, Asrun Lio meminta dukungan penuh dari seluruh pemerintah daerah terhadap kinerja Bank Sultra. Dukungan ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran Bank Sultra dalam pembangunan daerah.

“Saya juga minta para komisaris terus meningkatkan pengawasan, supaya Bank Sultra tetap berada pada jalur kinerja yang baik. Harapan kita tentu saja, Bank Sultra terus bertumbuh, supaya memberi kontribusi maksimal buat daerah,” imbuhnya. (Ril Bank Sultra)

You cannot copy content of this page