NEWS

Gempa Bumi Tektonik M 4,9 Guncang Timur Laut Soropia, BMKG Imbau Masyarakat Agar Tetap Tenang

487
×

Gempa Bumi Tektonik M 4,9 Guncang Timur Laut Soropia, BMKG Imbau Masyarakat Agar Tetap Tenang

Sebarkan artikel ini
iIlustrasi

KENDARI – Pada Hari Jumat, 25 Maret 2022, pukul 21:20:13 WITA, di sebelah Timur Laut Soropia, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra), diguncang gempabumi tektonik.

Berdasarkan Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=4.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.87 LS, 122.76 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 11.9 km, TimurLaut Soropia pada kedalaman 2 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin dalam keterangan tertulisnya, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di Timur Laut Soropia.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Targetkan Tahun Ini Angka Stunting Kendari Menjadi 20%

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari III – IV MMI, Ranomeeto dan Moramo (Konawe Selatan) III MMI, Besulutu (Konawe) terasa II – III MMII (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” jelasnya Jumat, 25 Maret 2022.

Rudin menyebutkan hingga pukul 22.05 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 3 aktivitas gempabumi susulan.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 3 aktivitas gempabumi susulan,” imbuhnya.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Tidak Ingin Penurunan Stunting Sekedar Wacana 

Selanjutnya Rudin, mengimbau Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Penulis  : Sardin.D

You cannot copy content of this page