NEWS

Gencarkan Vaksinasi, Puskesmas Wapunto Lakukan Pendekatan Keluarga

424
×

Gencarkan Vaksinasi, Puskesmas Wapunto Lakukan Pendekatan Keluarga

Sebarkan artikel ini
Puskesmas wapunto saat lakukan vaksinasi disalah satu rumah masyarakat dari keluarga tim vaksinator

MUNA – Tim vaksinator Puskesmas Wapunto Kabupaten Muna terus tancap gas melaksanakan vaksinasi covid-19 dengan cara jemput bola di desa hingga kelurahan dan kecamatan.

Upaya itu diharapkan mempercepat pencapaian sasaran vaksinasi, salah satunya dalam rangka menghadapi arus mudik hingga arus balik hari raya Idul Fitri 1443 Hijiriah yakni pada 29 April – 8 Mei 2022 mendatang.

Kepala Puskesmas (Kapus) Wapunto, Rahmawati mengatakan dalam percepatan vaksinasi pihaknya menyediakan pelayanan vaksinasi tahap I, II dan III dimana untuk vaksinasi tahap II sudah mencapai sekitar angka 50% dari target 70% yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga : Gubernur Ali Mazi Resmikan Gedung Baru Kantor Bank Sultra Cabang Asera

“Untuk tahap I sekitar tujuh puluh satu koma sekian persen sehingga untuk percepatan capaian vaksinasi tahap II kita lakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga,” ujarnya pada MediaKendari.Com, Jumat 29 April 2022.

Sementara itu, anggota tim vaksinator puskesmas wapunto, Erliati menambahkan adapun metode digunakan dalam percepatan vaksinasi tahap II dengan melakukan pendekatan emosional yang melibatkan keluarga.

Sebab masyarakat cenderung lebih percaya dan menerima kehadiran tim vaksinator jika dalam pelaksanaannya melibatkan keluarga sehingga mau divaksin.

Baca Juga : Lantik Ratusan Kepsek, Kadis Dikbud Konawe : Terus Berinovasi

“Kami menggunakan pendekatan keluarga karena biasanya masyarakat lebih senang divaksin jika yang melakukan itu keluarganya sendiri,” kata Erliati.

Lanjut Erliati dengan metode tersebut banyak masyarakat mau divaksin dengan dibuktikan kerap melayani permintaan vaksinasi hingga diluar wilayah tugas puskesmas wapunto dari masyarakat yang memiliki hubungan keluarga dengan tim vaksinator.

“Inikan anggota vaksinator kami ada yang tinggal diluar wilayah tugas jadi jika menilai kepercayaan masyarakat itu memang lebih senang apabila yang vaksin itu keluarga sehingga kami pun jemput bola menyambangi ke rumah masyarakat,” ungkapnya.

 

Penulis : Arto Rasyid

You cannot copy content of this page