oleh

Generasi Z Dominasi Penduduk Sultra, BPS: Bonus Demografi

-NEWS-145 dibaca

Reporter : Andis

KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan jumlah penduduk Sultra saat ini didominasi generasi Z dan generasi milenial.

Generasi Z adalah penduduk yang lahir pada rentang tahun 1997-2012 atau kini berusia 8-23 tahun. Sedangkan generasi milenial adalah yang lahir pada rentang periode tahun 1981-1996 atau kini berusia 24-39 tahun.

Berdasarkan hasil sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan BPS untuk presentase generasi Z mencapai 32,93 persen. Sedangkan generasi milenial 25,96 persen dari seluruh jumlah penduduk Sultra.

Kepala BPS Agnes Widiastuti menjelaskan, generasi Z mendominasi kependudukan yang ada di Sultra sebagai salah satu generasi produktif atau dengan isitilah bonus demografi.

“Ini bonus demografi nya Sultra, untuk pembangunan ekonomi, jika mereka masuk dalam pasar tenaga kerja dan memanfaatkannya dengan baik, itu sangat berguna untuk pertumbuhan ekonomi disuatu wilayah, ” terang Agnes saat menjadi bintang tamu Bincang Kita MEK TV, Selasa 16 Februari 2021.

Dirinya juga berharap, data hasil sensus penduduk tahun 2020 ini bisa membawa kemajuan bagi daerah, khususnya dalam pemanfaatan bonus demografi.

“Kepada segenap masyarakat Sultra agar bisa membantu dan bekerjasama dalam pelaksanaan sensus penduduk berikutnya,” pungkasnya. /C

Terkini