NEWS

Gercep Berikan Penyelamatan, Damkarpen Konsel Bakal Segera Bentuk Relawan di Setiap Desa

723
×

Gercep Berikan Penyelamatan, Damkarpen Konsel Bakal Segera Bentuk Relawan di Setiap Desa

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Gerak cepat (Gercep) cegah dan selamatkan serta padamkan Kebakaran dini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarpen) Konawe Selatan (Konsel) bakal bentuk relawan damkarpen di setiap desa, Senin,13 Februari 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Dampen Konsel Hasran Parenda saat diberi kesempatan menyampaikan program Damkarpen oleh bupati Surunuddin dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di kecamatan Laonti. Jumat, 10 Februari 2023.

Dihadapan masyarakat Hasran Paraenda menjelaskan relawan damkarpen itu dibentuk guna menindaklanjuti arahan Kementerian Dalam Negeri untuk segera membentuk relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan disetiap desa sejumlah paling kurang lima orang dan boleh Lebih.

Baca Juga : Irham Kalenggo Dukung Penuh Pelaksanaan Mubes ke-3 IKA Fisip UHO, Ajak Seluruh Alumni Berpartisipasi

Hal itu, lanjut mantan camat angata ini, bertujuan membantu mewujudkan bantuan masyarakat dalam pencegahan terhadap kebakaran, serta penyelamatan maupun pemadaman kebakaran dini.

” Dalam waktu dekat ini kami akan turun membentuk relawan disetiap desa, apalagi anggota kami baru saja melakukan latsar yang pembaretannya dilakukan langsung oleh bapak bupati, tentu semua sudah punya kompeten dalam merekrut,” kata Hasran.

Setelah terbentuk, lanjut dia, relawan itu nantinya bakal diberi pelatihan,baik itu mental, skil dan jiwa korsa. Dengan harapan relawan yang dibentuk itu
mampu mengedukasi masyarakat untuk pencegahan kebakaran di lingkup rumah tangga dan lingkungan.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Lantik Notaris Baru Kolaka

” Tentu kami berharap relawan yang terbentuk ini dapat memberi edukasi kepada masyarakat dalam lingkup desa maupun setiap lingkungan,” harapnya.

Selain itu, relawam damkarpen ini juga bakal di edukasi tentang penyelamatan dan evakuasi dari binatang atau reptil yang dilindungi seperti. Buaya, ular, lebah, monyet dan lainnya.

” Jadi fokus kami bukan saja tentang penyelamatan dari evakuasi akan tetapi semua yang berhubungan tentang ancaman masyarakat baik itu, musibah tanah longsor, gempa bumi bahkan dari hewan buas,” pungkasnya.

Penulis:Erlin.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page