oleh

Gubernur Ali Mazi Apresiasi dan Dukungan Penuh Tari Lumense Bombana

-NEWS-151 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, menyempatkan diri manyambangi para penari yang terpilih menari di Istana Negara.

Tari Lumense adalah tarian yang berasal dari Tokotu’a, Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Tari Lumense akan ditampilkan dalam Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, 17 Agustus 2022, pada Upacara Bendera Merah Putih di Istana Negara, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, para penari disambut oleh Pj Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio, Anggota DPR-RI, Hugua, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sultra, Basiran Lazaidi, Kepala Dinas Pariwasata Sultra, Belli Harli Tombili dan Ketua KADIN Sultra, Anton Timbang.

Baca Juga : Fakta Pelanggaran Kode Etik Prof B Terkuak, Sanksi tak Kunjung Dijatuhkan

Gubernur Ali Mazi di tengah kunjungan kerja di ibu kota negara, menyempatkan waktu untuk mengunjungi para penari Lumense. Sebanyak 100 orang penari Lumense asal Sulawesi Tenggara yang akan tampil di Istana Presiden nanti dalam perayaan HUT RI ke-77.

Secara langsung, Gubernur Ali Mazi memberikan motifasi kepada anak-anak penari yang akan membawa nama daerah agar belajar menghilangkan kegugupan saat tampil membawakan tarian Tokotua, Kabupaten Bombana.

“Harus fokus melaksanakan kegiatan ini sebaik-baiknya, dan dihadapan seluruh masyarakat Indonesia. Tentu tidak mudah melaksanakan tarian ini di hadapan rakyat Indonesia di atas banyaknya tarian dari seluruh Indonesia. Anggap ini sedang menari di Sulawesi Tenggara, jangan jadikan beban,” imbuhnya.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan rasa syukur dan kebanggan akan peran Sulawesi Tenggara yang terpilih untuk mempersembahkan tarian tradisionalnya di antara banyaknya tarian di Indonesia.

Baca Juga : Pemuda di Konsel Ditangkap Usai Setubuhi Anak di Bawah Umur

“Sebagai Pemeda Sultra, saya patut berbangga, dari sekian banyak daerah dan tarian yang ada, kita yang terpilih. Ini tidak mudah. Alhamdulillah, Tari Lumense terpilih,” katanya.

Selanjutnya, Gubernur Ali Mazi menyampaikan harapan dan meminta doa agar pada Upacara HUT RI ke-77, Presiden RI, Joko Widodo menjatuhkan pilihan mengenakan baju adat dari Sulawesi Tenggara.

“Mudah-mudahan. Kita semua berharap dan berdoa agar presiden menggunakan baju adat dari Sultra Ini tergantung doa,” pungkas Orang Nomor Satu Sultra ini.

 

Reporter: Sardin.D

Facebook : Mediakendari