NEWS

Gubernur Ali Mazi Resmi Buka MTQ ke – XXIX Tingkat Sultra

696
×

Gubernur Ali Mazi Resmi Buka MTQ ke – XXIX Tingkat Sultra

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, menghadiri sekaligus membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX (29) tingkat Provimsi Sultra, dengan tema “MTQ Nusantara, Merdeka Bertoleransi, Bersahabat, Bermartabat, Menyongsong 77 Tahun Indonesia Merdeka”. Kegiatan berlangsung di Hotel Claro Kendari, Rabu malam (10 Agustus 2022).

Hadir dalam acara ini, Menteri Agama RI, diwakili oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Kamaruddin Amin, DPD RI asal Sultra Andi Nirwana Sebu dan Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan.

Sementara dari jajaran Pemprov Sultra turut mendampingi Gubernur, antara lain Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Forkopimda Sultra, Pj. Sekretaris Daerah ( Sekda) Asrun Lio, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Ka. Kanwil Kementrian Agama, para Bupati/Walikota, Wakil bupati/walikota, Pimpinaan Perbankan, pimpinan perguruan tinggi, Ketua MUI Sultra, pimpinan lembaga ormas Islam dan Ketua dan anggota dewan hakim MTQ.

Baca Juga : Pawai Ta’aruf Pembukaan MTQ Sultra 2022 Berlangsung Dalam Kondisi Hujan 

Guberbur menyampaikan pelaksanaan kegiatan MTQ di Sultra menjadi bagian dari implementasi program prioritas pemerintah provinsi khususnya program Sultra beriman dengan mendukung penuh terhadap suksesnya kegiatan ini, khususnya penyediaan alokasi anggaran.

“MTQ sebagai momentum dalam memperkokoh kerukunan umat beragama, kerukunan suku dan budaya, kami berharap MTQ mampu beradaptasi dengan segala perbedaan, selain itu mampu meningkatkan derajat kemuliaan dengan tuntunan Al Qur’an serta mampu menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam mewujudkan baldatub thayibatun warabbun ghafur,” terang Ali Mazi.

Sebagai informasi, adapun jadwal penyelenggaran MTQ dilaksanakan mulai tanggal 8-16 Agustus 2022, kedatangan kafila dari tanggal 8-9 Agustus, pembukaan tanggal 10 Agustus, penutupan tanggal 15 agustus.

Jadwal pelaksanaan lomba pada tanggal 11-14 Agustus 2022. Tempat pelaksanaan kegiatan lomba, yakni tujuh kategori lomba di Hotel Azizah Kendari, dua kategori lomba di BPMP Sultra, satu ketegori lomba di aula Kanwil agama sultra dan satu kategori lomba di Masjid Raya Al Kautsar.

MTQ terdiri dari delapan cabang dan 46 golongan lomba meliputi cabang seni baca Al-Qur’an terdiri dari golongan pertama tertil Al-Qur’an, Tilawah anak-anak, tilawah remaja dan tilawah tunanetra serta tilawah dewasa putra dan putri.

Baca Juga : Piveri Sultra Tingkatkan Silahturahmi dengan Pertemuan Setiap Bulan

Cabang Qira’at Al-Qur’an terdiri dari, Qira’at mujawab dewasa, kedua muratal dewasa , ketiga Qira’at muratal remaja.
Cabang hafalan Al-Qur’an. Cabang tafsir Al-Qur’an. Cabang fahm Al-Qur’an.
Cabang syarh. Cabang seni kaligrafi Al-Qur’an serta
Cabang karya tulis ilmiah putra dan putri.

Pada acara pembukaan kegiatan, panitia juga memgumumkan pemenang dan penyerahan hadiah kepada pemenang pawai taaruf dan karnafal etno religi dalam rangka MTQ ke 29 tahun 2022. Untuk Ketegori Kafila dimenangkan oleh Kabupaten Buton Selatan, pememang kedua Buton Utara dan pemenang ketiga Konawe. Untuk Kategori Umum dimenangkan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Wua-Wua, pemenang dua Paguyuban Masyarakat Bali dan pemenang tiga Ikatan Wanita Sulawesi Selatan.

Kemudian, kategori siswa Madrasa dan Sekolah dimenangkan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ummusshabri, dan pemenang kedua MTs Insan Cedikia serta pemenang ketiga SMAN 1 Kendari.

Reporter: Sardin D.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page