oleh

Gubernur Resmi Lantik Pj Bupati dan Wakil Bupati Koltim

-NEWS-197 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, resmi melantik tiga Penjabat (PJ) Bupati diantaranya Pj Bupati Buton Basiran, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin dan Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi. Pada pelantik kali ini bersaam dengan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis.

Mereka adalah penjabat eselon II dengan jabat sebagai Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah atau BPKAD Sultra, Basiran, Kepala Dinas Bina Marga PUPR, Burhanuddin dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sultra, Parinringi.

Sementara itu, Abdul Azis yang terpilih sebagai Wabup Koltim adalah anggota Polri yang sebelumnya memilih pensiun dini dan terjun ke dunia usaha dan politik.

Sebelumnya, profil Abdul Azis juga dikenal adalah ajudan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Pelantikan ini dilaksanakan di Aula Bahteramas antor Gubernur Sultra pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan pelantikan ini sesuai keputusan Kemendagri RI. “Untuk itu saya selaku Gubernur Sultra menyampaikan selamat kepada para PJ yang telah saya lantik dan Wakil Bupati Koltim,” ucapnya.

Lanjut, ia menuturkan pengangkatan dan pelantikan tiga Pj Bupati ini serta Wakil Bupati Koltim dilaksanakan dengan tujuan mengisi kekosongan kepala daerah di wilayah yang dimaksud.

“Tiga Kepala Daerah di Sultra yakni Kolaka Utara, Bombana telah berakhir tanggal 22 Agustus Kemarin sementara Bupati Buton masa jabatanya berakhir pada 24 Agustus 2022 hari ini,” imbuhnya.

Pengambilan SK Pj Bupati

Bebeberapa waktu lalu Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun telah menerima SK Kemendagri penunjukan Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut), Bunton dan Bombana.

Ia menerima SK tersebut di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Senin (15/08/22).

Saat dihubungi via WhatsAppnya, ia mengatakan SK sudah diterima tetapi belum bisa dibuka isinya karena ditujukan kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi.

SK sudah saya terima tetapi belum dibuka karena surat ditujukan ke Gubernur,” ungkapnya kepada awak mediakendari.com.

Kata dia, nama-nama Pj Bupati akan diketahui apabila SK sudah dibuka oleh Gubernur Sultra. “InsyaAllah sore ini saya serahkan ke Pak Gubernur,” singkat Asrun Lio.

Nama-Nama PJ Bupati Sempat Beredar, Sementara SK dari Kemendagri Belum Diterima

Tiga nama Penjabat (Pj) Bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai beredar. Ketiga daerah yang bupatinya akan memasuki akhir masa jabatan (AMJ) adalah, Bupati Bombana, Bupati Buton dan Kolaka Utara.

Bupati Buton, La Bakry yang masa jabatanya berakhir pada 24 Agustus 2022, sementara Nur Rahman Bupati Kolaka Utara dan Tafdil Bupati Bombana akan berkahir pada 22 Agustus 2022.

Belum lama ini, media sosial dihebohkan dengan munculnya tiga nama yang bakal mengisi kekosongan kepala daerah pada tiga daerah tersebut.

Mereka adalah, Paringringi bakal menjadi Pj Bupati Kolaka Utara, Basiran diisukan bakal menjadi Pj Bupati Buton sementara Burhanuddin sebagai Pj Bupati Bombana.

Ketiga pejabat ini adalah pejabat Eselon II di lingkup Pemprov Sultra, yakni Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah atau BPKAD Sultra, Basiran, Kepala Dinas Bina Marga PUPR, Burhanuddin dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sultra, Parinringi.

Sementara itu, Pj Sekda Sultra, Asrun Lio saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp belum bisa memastikan kebenaran tiga nama yang bakal menjadi Pj Bupati tersebut.

Menurut dia, belum ada SK Bupati yang diterima Pemprov Sultra. Akan tetapi dirinya baru mendapatkan undangan dari Kemendagri untuk pengambilan SK Pj Bupati untuk Buton, Kolaka Utara dan Bombana.

“Belum ada SK keluar, Sekda diundang menerima SK tgl 15 Agustus di Kemendagri,” singkat Asrun.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Muliadi mengatakan, tiga nama yang beredar tersebut belum bisa dibuktikan karena belum ada SK yang diterima.

“Informasi yang beredar di medsos ataupun di media lainnya, masih sebatas opini yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, kepastian terkait penetapan PJ Bupati di 3 daerah di Sultra nanti setelah SK Penetapan Pengesahan Pengangkatan PJ Bupati diterima,” cetusnya. (ADV)

Facebook : Mediakendari.com