NEWS

Gubernur Sultra Buka Puasa Bersama dengan Direksi PT Antam 

634
×

Gubernur Sultra Buka Puasa Bersama dengan Direksi PT Antam 

Sebarkan artikel ini
Tampak Foto bersama usai kegiatan buka puasa bersama

KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi, SH menghadiri acara buka puasa bersama yang dirangkaikan dengan kegiatan Sultra Berbagi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan PT Antam di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin 18 April 2022.

Hadir pula Perwakilan PT Antam, Tbk., antara lain General Manager Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Konawe Utara Hendra Wijayanto, ST, MM., Vice President Operasi UBPN Konawe Utara Galih Ajibrata, ST., dan Vice President Human Cavital, CSR dan Finance UBPN Konawe Utara Muhammad Rusdan, SH, M.Si., bersama Team Corsec PT. Antam, Tbk., Kantor Pusat Jakarta.

Kesempatan menunaikan ibadah puasa merupakan momentum yang sangat penting dan penuh makna dalam upaya mensucikan diri dari segala dosa dan kesalahan, mengingat salah satu keutamaan ibadah puasa adalah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam: “Barang siapa berpuasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Al Hadist).

Baca Juga : DBD di Kendari Mencapai 96 Kasus

Kehadiran bulan suci Ramadan selain memiliki dimensi Ubudiyah dalam konteks Hablun minallah, juga menjadi sarana penguatan dimensi mu’amalah ijtima’iyah atau dimensi kehidupan sosial. Dari aspek hablun minallah umat islam senantiasa meningkatkan intensitas dan frekuensi ibadahnya untuk taqarrub ilallah atau mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala, karena bulan Ramadan adalah bulan ibadah dan bulan dimana pahala amal ibadah dilipat gandakan, sehingga kehadirannya menjadi mutiara yang sangat berharga bagi setiap insan beriman yang menghendaki ampunan dan kesucian diri.

“Adapun dari aspek mu’amalah ijtima’iyah umat muslim dituntut untuk senantiasa peka terhadap kondisi sosial di lingkungan sekitarnya, peduli terhadap sesama serta menebarkan kasih sayang kepada semua umat manusia, karena bulan Ramadan adalah bulan rahmat atau bulan kasih sayang. Pada bulan Ramadan kita dilatih untuk senantiasa memiliki kepekaan sosial, kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama. Untuk itu, pada bulan yang suci ini kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, karena selain memiliki nilai ibadah, sedekah juga sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama,” kata Gubernur Ali Mazi.

Kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadan telah menjadi bagian dari tradisi umat muslim, tidak saja di negeri kita Indonesia, tetapi juga bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kegiatan keagamaan yang bersifat kolektif ini menurut hemat Gubernur Ali Mazi sangat penting dalam upaya penguatan nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan dan persatuan baik sebagai sesama umat muslim maupun sebagai sesama bangsa Indonesia, khususnya warga masyarakat Sulawesi Tenggara. Namun demikian, di tengah situasi pandemi Covid-19 kegiatan buka puasa bersama hanya dapat dilaksanakan secara terbatas, dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Saya selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara, menyambut baik, seraya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiatif dari PT Antam merangkaikan kegiatan buka puasa bersama dengan kegiatan Pemprov Sultra dan PT Antam Berbagi untuk memberi santunan kepada panti asuhan, pondok pesantren dan fakir miskin sebagai salah satu manifestasi rahmatan lil’alamin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kasih sayang dan kemaslahatan bersama. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi perekat penguatan sinergitas seluruh komponen masyarakat dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Gubernur Ali Mazi lagi.

Baca Juga : Kadis Pariwisata Sultra : HIPMI Adalah Jaringan Pengusaha Besar

Pelaksanaan pembangunan, baik di pusat maupun di daerah mutlak membutuhkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Tanpa adanya dukungan dari semua pihak mustahil pemerintah dapat meraih capaian-capaian pembangunan secara baik dan optimal. Oleh karena itu, marilah momentum bulan suci Ramadan ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membangun kedekatan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, dalam konteks hablun minallah dan perbaikan tatanan kehidupan sosial masyarakat dalam konteks mu’amalah ijtima’iyah.

PT.Antam Tbk sebagai komponen bangsa yang salah satu kegiatan usahanya berada di wilayah Sulawesi Tenggara, tentu memiliki komitmen dan tanggung jawab pula terhadap pelaksanaan proses pembangunan di Sulawesi Tenggara. Gubernur Ali Mazi yakin banyak hal yang telah dilakukan oleh PT. Antam, Tbk., dalam mendukung dan menyukseskan program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran dan kontribusi PT. Antam, Tbk., selama ini, sembari berharap kebersamaan ini tetap terjalin dan perkuat lagi untuk meraih capaian pembangunan yang lebih optimal kedepan,” ujar Gubernur Ali Mazi sebelum menutup acara.

 

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page