NEWS

Gubernur Sultra Sebut Pertemuan APPSI Bahas Pembangunan Provinsi di Seluruh Indonesia

889
×

Gubernur Sultra Sebut Pertemuan APPSI Bahas Pembangunan Provinsi di Seluruh Indonesia

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, mengungkapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), banyak membahas kerja sama dan tugas pembangunan seluruh provinsi di Indonesia.

“Termasuk soal tanggung jawab dan tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dan sebagai kepala daerah” kata Gubernur Ali Mazi dalam pembukaan Rakernas APPSI di Balikpapan memalui keterangan tertulisnya, Jum’at (24/02/23).

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, yang juga Ketua Umum APPSI mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkenan hadir membuka Rakernas APPSI tahun 2023. “Selamat datang Pak Presiden dari daerah Jakarta. Kami bangga, kami bahagia atas kehadiran Bapak Presiden.”

Baca Juga : Ini Agenda DPD HKTI Sultra di Baubau

Gubernur Isran Noor itu juga berharap agar Rakernas APPSI bisa menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan di seluruh provinsi di Indonesia.

Sementara pada hari kedua pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur ini diisi dengan pembahasan program kerja dan beberapa penyampaian materi. Pembahasan program kerja APPSI 2023 berisi agenda kegiatan yang akan dilakukan selama setahun ke depan. Dalam pembahasan program kerja ini, juga merumuskan rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

Pembahasan program kerja dibahas dalam sesi forum Persidangan II yang dipimpin oleh Isran Noor dan Dewan Pakar APSSI, Prof. Ryaas Rasyid. Namun di tengah acara, Isran pergi meninggalkan sidang karena harus mengantar kepulangan Presiden Joko Widodo ke Jakarta melalui Bandara SAMS Sepinggan. Pimpinan sidang kemudian dialihkan pada Gubernur Jambi, Al Haris, selaku Wakil Ketua Umum APPSI.

Sesi selanjutnya diisi dengan penyampaian materi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, serta Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, Prof. Agus Pramusinto.

Dalam penyampaiannya, Menpan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas menekankan pentingnya reformasi birokrasi dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan. Birokrasi, kata Menpan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, tidak boleh hanya diibaratkan seperti tumpukan kertas. Yang hanya mengerjakan draft perencanaan dan laporan pertanggungjawaban. Tetapi, harus memberikan dampak besar pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Realisasi Investasi Se-Sultra Tahun 2022, Konawe Terbesar Capai Rp 11 Triliun

“Kerja birokrasi itu harus lincah, cepat, dan berdampak. Jangan sampai kita kerja siang-malam, tapi impact kecil,” kata Menpan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, saat mengisi sesi materi dalam Rakernas APSSI, Jumat 24 Februari 2023.

Pihaknya juga berkomitmen pada parampingan birokrasi dengan memangkas postur jabatan. Dengan transformasi ini diharapkan dapat mempercepat kerja birokrasi sebagai motor penggerak penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik.

“Watak lama bahwa birokrat harus punya jabatan, punya inventaris kendaraan, punya ruangan, harus di hapus. Ke depan, birokrasi diisi oleh milenial yang butuh kerja cepat. Tidak dikotak-kotakkan dengan ruang dan jabatan,” ujar Menpan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas.

Reporter: Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page