BUTON UTARA

Guna Dorong Hasil Produksi Petani, Bupati Butur Serahkan Alat Mesin Pertanian dan Kartu Tani

475
×

Guna Dorong Hasil Produksi Petani, Bupati Butur Serahkan Alat Mesin Pertanian dan Kartu Tani

Sebarkan artikel ini
Bupati Butur Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M. Si saat memberikan sambutan (Foto: Yus Asman/Mediakendari.com)

Reporter : Yus Asman
Editor: Sardin.D

BUTON UTARA – Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur) Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si, menyerahkan
bantuan 30 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang bersumber dari APBN 2021 Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), berupa power thresher atau mesin perontok gabah kepada 30 ketua kelompok tani sekaligus menyerahkan kartu tani secara simbolis
dengan menerapkan protokol Covid-19 kepada perwakilan petani Butur dan bertempat di halaman parkir Sekretariat Daerah Butur. Minggu, 26 September 2021.

Bupati Butur Ridwan Zakariah mengatakan bantuan alat pertanian tersebut merupakan buah dari kerjasama yang baik antara Pemda Butur dengan Kementerian Pertanian RI.

“Dengan dukungan bantuan alat mesin pertanian Alsintan, ini merupakan bagian salah satu upaya strategis pemerintah pusat dan daerah dalam peningkatan hasil produksi petani,”ujarnya dalam sambutannya Minggu, 26 September 2021.

Baca Juga: Peringati HUT ke 76 TNI, Komando Distrik Militer 1429 Butur Gelar Turnamen Dandim Cup I

Ridwan Zakariah juga menyebut apabila data pertanian kita menunjukkan angka relatif maju, tidak menutup kemungkinan Kementerian Pertanian RI akan menyalurkan bantuan alat pertanian lainnya yang lebih besar lagi dari tahun ini.

“Saya mengimbau kepada para penerima bantuan agar Alsintan yang diperoleh dapat dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya serta dimanfaatkan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan bidang pertanian di Butur,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Butur, Ir. Yusuf menyampaikan bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan pangan di Butur. Kepada kelompok tani penerima bantuan dapat memanfaatkan Alsintan tersebut dengan baik, sehingga kerja-kerja petani lebih efisien lagi.

“Semoga dengan adanya bantuan alat mesin tersebut bisa mendorong peningkatan produksi dan produktivitas padi untuk menjamin kebutuhan pangan di Butur yang saat ini masih kekurangan sekitar 4.000 ton beras pertahunnya,” pungkasnya.

Diketahui dalam penyerahan bantuan itu Bupati Butur didampingi oleh Wakil Bupati Ahali, SH., MH., Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim, SH,. M.Si., dan Kadis Pertanian Ir. Yusuf, M.Ap.

You cannot copy content of this page