Hotel Askon Ramaikan Bursa Investasi di Kota Kendari, DPM-PTSP Optimis Raih Rp 1,2 Triliun

NEWS550 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari optimis meraih angka investasi Rp 1,2 triliun di tahun ini.

Kepala DPMPTSP Kota Kendari Maman Firman Syah menyebutkan, optimisme ini didukung masuknya sejumlah mega investasi di Kota Lulo, di tahun ini.

Mega investasi yang menanamkan modalnya di Kota Kendari diantaranya dari PT Kendari Kawasan Industri Terpadu (KKIT) dan masuknya jaringan Hotel Askon.

Hotel Askon merupakan merek hotel pertama dari Archipelago International yang diluncurkan di Bali. Sekarang, jaringan Hotel Askon telah mencapai 42 hotel yang tersebar di Indonesia.

“PT KKIT tahun ini mulai on going itu yang kita harapkan. Di samping itu ada perusahaan seperti Hotel Askon maupun hadirnya toko mitra sepuluh,” terang Maman.

Baca Juga : Tim Opsnal Reskrim Polsek Tualang Tangkap Dua Terduga Pengedar Sabu

Ia menjelaskan, sesuai hitung-hitungan terkait besarnya potensi investasi di Kota Kendari, maka target investasi Rp 1,2 triliun bukan sebuah angka yang mustaih, untuk diraih.

“Kita optimis angka tersebut bisa diraih sesuai hasil prediksi kita, apalagi memang ada beberapa perusahaan yang akan menanamkan modal di kota Kendari,” kata Maman.

Menurutnya juga, potensi investasi di Kota Kendari terbuka disemua sektor ekonomi yang potensial dan unggulan, yang menarik bagi investor dalam dan luar negeri.

“Investasi di Kota Kendari ada dari sektor perikanan, pariwisata, industri, pertanian, pengembangan perumahan, restoran, rumah makan hingga hotel,” ungkap Maman.

Selain potensi ekonomi tersebut, kata Maman, sector lainnya yang cukup mengungtungkan yakni industri pergudangan, pengembangan perumahan, perhotelan dan restoran.

“Potensi tercapainya target investasi cukup besar karena disokong dari sektor industri, pergudangan, developer pengembangan perumahan, perhotelan dan restoran,” ujar Manan.

Tidak hanya itu, meski sempat meredup di era pandemi, namun geliat bisnis di sektor hiburan atau tempat hiburan malam juga mulai bergeliat dan dilirik investor.

Baca Juga : Ratusan Anggota Satpol PP Kendari Tertibkan Lapak PKL di Sejumlah Kawasan

“Tentu para pekerja, pengusaha maupun investor perlu untuk menikmati hiburan di Kota Kendari dengan berbagai sarana,” jelas Maman.

Maman menuturkan, meski pihaknya tengah menggnjot investasi seluas-luasnya, namun pengembangan potensi ini tetap menyesuaikan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

“Yang pasti PJ Walikota bersama seluruh stackholder di kota Kendari selalu terbuka untuk segala investor yang ingin menanamkan modalnya di kota Kendari,” jelasnya.

Dirinya berpesan, untuk investor yang ingin menanamkan modal di Kota Kendari dapat melakukan pendaftaran melalui Sistem Online Single Submission (OSS).

“Juga dapat langsung datang ke Kantor DPMPTSP Kota Kendari mendapatkan informasi lebih detail dan saran terkait potensi ingin diinvestasikan,” pungkasnya.

Reporter: Dila Aidzin