Ratusan Anggota Satpol PP Kendari Tertibkan Lapak PKL di Sejumlah Kawasan

NEWS230 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Ratusan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kendari dikerahkan untuk menertibkan lapak pedagang kaki lima (PKL), Rabu, 18 Januari 2023.

Untuk jumlah personel yang diturunkan yakni, dari Satpol PP 123 orang, TNI AD dari Kodim Kendari 10 personel, Polsek Kemaraya 5 personel, POMAL 4 personel, POM AD 4 personel, dan Dishub 10 petugas.

Lapak PKL yang menjadi sasaran peneriban yakni disekitaran Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pasar Sentral Kota Kendari dan sekitar Jembatan Teluk Kendari (JTK).

Kasatpol PP Kendari, Samsu Alam mengatakan, penertiban lapak PKL dimulai dari Jalan Pembangunan sekitar TPI Kota Kendari, dengan menertibkan lapak yang berada di bahu jalan.

Baca Juga : Ketua DPC Partai Demokrat Kolut Bantu Korban Kebakaran

Selain membersihkan ruas jalan dari lapak dagangan PKL, aparat gabungan juga memberikan imbauan langsung kepada pedagang untuk dapat berjualan secara tertib.

“Petugas menyisir sepanjang jalan pembangunan dan menghimbau kepada pedagang agar tidak menjual dibahu jalan,” terang Samsu Alam.

Kawasan yang menjadi sasaran penertiban dari lapak PKL yakni di Jalan Tinumbu depan Pasar Sentral Kota Kendari, yang kerap dipinuhi lapak PKL sehingga mempersempit ruas jalan.

Samsu Alam juga menjelaskan, pihaknya bersama Pemerintah Kelurahan Dapu-dapura telah memberikan tiga kali teguran bagi pedagang yang berjualan di bahu jalan.

“Penertiban dilakukan secara persuasif, dan mengedepankan sisi humanis. Surat teguran pertama hingga ke tiga juga sudah diberikan pada puluhan pedang yang berjualan di jalan Ir. Soekarno, jalan Tinumbu dan jalan Pembangunan,” katanya.

Baca Juga : H. Jumarding Nyatakan Diri Maju Jadi Calon Bupati Kolut

Samsu Alam juga menjelaskan, penertiban ini dilakukan karena para pedagang dianggap melanggar Perda Kota Kendari No 10 tahun 2024 tentang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

“Kegiatan itu berlangsung secara kondusif hingga selesai dan pedagang menerima baik saran tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman mengatakan, dalam penertiban itu dari pihak Polresta Kendari hanya menurunkan sebanyak 10 anggota, namun sifatnya hanya sekedar memback up.

“Kami tugas nya, hanya memback up saja, tugas utama nya dari Sat Pol PP,” singkatnya.

Reporter : Muhammad Ismail