oleh

HUT RI ke-76 Dinkes Bombana Launching Aplikasi Laicamo, Masyarakat Bisa Konsultasi Kesehatan Lewat Telfon

-NEWS-74 dibaca

BOMBANA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana, Sulawesi Tenggara melaunching aplikasi Laicamo usai upacara peringatan HUT ke – 76 RI di halaman kantor Bupati Bombana, Selasa 17 Agustus 2021.

Aplikasi Laicamo adalah layanan Call Center bagi masyarakat yang akan berkonsultasi terkait dengan keluhan kesehatannya.

Kadis Kesehatan Bombana, Darwin menjelaskan, inovasi ini lahir dari banyaknya Tenaga Kesehatan (Nakes) di wilayah Bombana yang terpapar Covid – 19, karena sering bersentuhan langsung dengan pasien.

“Dengan aplikasi Laicamo, otomatis orang yang mendapatkan gejala tinggal menelpon ke operator dan operator ngeling ke dokter. Kemudian dokter ngeling ke PKM sesuai alamat penelpon. Kita langsung antarkan obat. Bersentuhan secara fisik berkurang,” jelas Darwin.

Baca Juga: Bupati Kolut Pimpin Upacara HUT RI, Rahman Umar: Akan Melanjutkan Programnya

Selain itu, kondisi masyarakat yang ogah untuk berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) atau Rumah Sakit karena takut di covid kan menjadi pendorong lahirnya inovasi aplikasi Laicamo.

“Disisi lain kita liat sekarang masyarakat takut ke rumah sakit. Takut di covid kan. Dengan aplikasi ini, kalau dia punya gejala dia tinggal menelpon. Tapi gejala ringan saja. Kalau gejala sedang ke atas dia akan diambil,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya menyediakan tiga layanan telfon bagi masyarakat. Pertama dengan nomor 082371171196, kedua 082371171193 ketiga 082371171180.

“Satu nomor di Dinas Kesehatan, satu di Polres Bombana, dan satunya di Palang Merah Indonesia (PMI),” ungkapnya.

 

Reporter : Hasrun

Editor: Sardin.D

Terkini