oleh

Inspektorat Konkep, Raih Ranking III Se-Sultra TLHP BPK RI

LANGARA – Inspektorat Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), patut diapresiasi. Pasalnya, sarahsehan yang digelar beberapa hari lalu di salah satu Hotel di Manado, Sulawesi Utara, yang dihadiri Wakil Bupati dan Kepala Inspektorat Se-Sulawesi, serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dalam Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (TLHP) BPK Perawakilan Sultra, Inspektorat Konkep dinobatkan Terbaik III Kabupaten/Kota Se-Sultra, pada Selasa (06/02/2018).

Terbaik III yang diberikan BPK RI disebabkan Inspektorat Konkep berhasil menerapkan pengendalian dan pengawasan sebagaimana Tugas, Pokok, dan Fungsinya (Tupoksi) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Serta penerapan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, dimana pada Pasal 9 ayat 1 dalam melaksanakan pengawasan pengelolaan keuangan negara BPK dapat memanfaatkan hasil pemeriksaan aparat Intern Pemerintah.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Inspektorat Konkep, Mohammad Yakub Toarima menuturkan, prestasi yang ditorehkan instansinya membuat pihaknya bersyukur sekaligus bangga. Meskipun masih di bawah Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka Utara.

“Secara pribadi dan instansi sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan. Namun, hal ini tidak lantas harus berpuas diri, justru kami akan lebih meningkatkan kinerjanya, sehingga ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan,”tuturnya.

Lanjut, Alumni Fakultas Hukum Unhas ini juga menerangkan, pertemuan selanjutnya TLHP BPK RI yang akan digelar di Makasar Sulawesi Selatan (Sulsel) mendatang, usai pemeriksaan Semester I di bulan Maret. Pihaknya berharap Konkep bisa kembali mencatatkan namanya bahkan pihaknya menargetkan bakal meraih ranking I.

“Insya Allah Konkep bisa menjadi Ranking I Kabupaten/Kota Se-Sultra, hal ini menjadi target kami kedepannya,”pungkasnya.

Reporter: Ajad Sudrajad
Editor: Kardin

Terkini