oleh

Jalan Mataiwoi – Abuki Bakal Diperbaiki Tahun Ini, ARS: Disiapkan Anggaran Rp 13 Miliar

 

Redaksi

KENDARI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Shaleh berkomitmen untuk segera mendorong perbaikan jalan rusak di Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe.

Hal tersebut diungkapkan Abdurrahman Shaleh dihadapan puluhan kepala desa se- Kecamatan Abuki dalam rangkaian Program Dewan Menyapa yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe, Sabtu 20 Februari 2021.

Dewan Menyapa merupakan program yang digagas DPRD Provinsi Sultra dengan mengunjungi masyarakat disejumlah daerah, untuk menyerap aspirasi secara dari masyarakat langsung.

Politisi yang akrab disapa ARS ini menjelaskan, agenda Dewan Menyapa yang dilaksanakan di Kecamatan Abuki salah satunya bertujuan untuk mengecek kondisi jalan untuk pengusulan perbaikan.

“Hari ini kita chek poin, dari wilayah mana kita akan mulai pembangunan jalannya. Ini adalah perjuangan DPRD Provinsi Sultra, dibawah kepemimpinan saya,” terang ARS dihadapan puluhan kades.

Menurutnya, untuk perbaikan kawesan jalan di Kecamatan Abuki telah dianggarkan sebanyak Rp 13 miliar, termasuk didalamnya adalah perbaikan jalan, jembatan dan sarana umum lainnya.

“Kita perbaiki jalannya, sekalgus jembatannya, kalo tidak salah disini ada sekitar lima jembatan, termasuk juga ada jembatan belly, sampai di Kecamatan Latoma,” papar ARS disambut tepuk tangan warga.

0

Sementara itu, anggota DPRD Sultra Syamsul Ibrahim mengungkapkan, bahwa kerusakan jalan yang di Kecamatan Abuki telah diusulkan perbaikannya ke Dinas PU Provinsi Sultra.

Diungkapkannya juga, jalan di Kecamatan Abuki awalnya berstatus jalan kabupaten, namun karena daerah tidak mampu menangani kerusakan dan perbaikannya, maka diserahkan ke provinsi.

“Sebenarnya tahun ini tidak ada anggaran perbaikan jalan, adapun janji pemerintah pusat itu tahun 2022, tapi karena usaha Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, akhirnya bisa dianggarakn Rp 13 miliar,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pu Provinsi Sultra Yudi Masril merincikan, anggaran yang akan direalisasikan untuk perbaikan jalan di Kecamatan Abuki sebesar Rp 9 miliar.

“Anggaran untuk penanganan jalan Mataiwoi – Abuki kurang lebih sekitar Rp 9 miliar, kalau untuk pembangnan jembatan sekitar kurang lebih Rp 316 juta rupiah,” terang Yudi Masril. ADV

Terkini