Jelang Penerimaan Maba, STIE 66 Gencar Lakukan Sosialisasi di SMA/SMK se-Kota Kendari

NEWS343 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM– Sejumlah dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari gelar sosialisasi pada beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Kendari.

Sebelumnya dosen tersebut telah melakukan sosialisasi di SMKN 1 Kendari yang dihadiri oleh Wakasek Kesiswaan beserta jajaran guru dan staf serta kurang lebih 1000 siswa, pada Sabtu, (14/01/23). Sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi penerimaan mahasiswa baru (maba).

Adapun tim sosialisasi yang hadir yaitu: Dr.H Abdul Hakim, M.Si (Koordinator Tim), Ami Nurhayati, SE., M.Si. (Dosen), Nuzul Ibnu Hajar, S.Ak.,M.Acc. (Dosen), Titien Rahayu, SE., M.Si. (Dosen), Diamond Limbong, S.Ak., M.M. (Dosen), Rani Eka Putri, S.M. (Staf Prodi), Arsalim (Mahasiswa), Elsa Irdas Saputri (Mahasiswa), Hidayatullah (Mahasiswa).

Dosen STIE 66 Kendari, Dr. H. Abdul Hakim mengatakan dalam kegiatan sosialisasi tersebut terdapat dua target yang dilakukan yakni memberikan pencerahan kepada siswa tentang bagaimana sesungguhnya memilih perguruan tinggi yang baik dan sehat dan mensosialisasikan tentang program-program menarik dan benefit yang bisa diperoleh di STIE 66 Kendari.

Menurutnya dalam memilih perguruan tinggi harus memperhatikan beberapa indikator, salah satunya tidak melihat apakah perguruan tinggi yang akan dituju adalah negeri maupun swasta.

“Keduanya sama-sama di bawah pengawasan dan pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun, untuk menentukan kualitas sekolah baik negeri maupun swasta itu ukurannya sama yaitu akreditasi dan Alhamdulillah STIE 66 Kendari telah meraih akreditasi B dan Baik Sekali untuk institusi maupun program studinya,” ujarnya.

Ketua Forum UMKM-IKM MSultra ini juga menyampaikan terdapat beberapa alasan bahwa STIE 66 layak untuk dipilih ataupun menjadi alasan untuk dipilih sebagai wadah untuk melanjutkan pendidikan salah satunya adalah seluruh program studinya terakreditasi B.

“Seluruh program studi baik S1 maupun S2 telah terakreditasi B/Baik Sekali dari BAN-PT, ruang kuliah eksekutif serta internet gratis bagi dosen dan mahasiswa. Selain ituDosen praktisi dan akademi dengan kualifikasi profesor, doktor dan magister, nuansa akademik yang kondusif serta nuansa budaya kekeluargaan antar mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, waktu perkuliahan yang fleksibel pagi, siang, sore dan malam serta lokasi kampusnya yang srategis berada di tengah Kota Kendari,” terangnya.

Tidak hanya itu, Dosen Magister Manajemen STIE 66 Kendari juga mengatakan bahwa STIE 66 menawarkan fasilitas beasiswa bagi mahasiswa maupun mahasiswi berprestasi dan kurang mampu dalam faktor ekonomi.

“Fasilitas yang disediakan adalah Beasiswa BIDIKMISI dari LLDIKTI, Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) serta Beasiswa KIP Kuliah,” bebernya.

Selain itu, dia menambahkan juga terdapat beasiswa dari Yayasan Pembina Pendidikan Enam-Enam Bumi Kendari, Beasiswa PPA dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Beasiswa Bantuan Belajar dari pemerintah kabupaten dan kota serta beberapa beasiswa lainnya.

Oleh sebab itulah mantan Manajer Pemasaran PT. Pos Indonesia (Persero) Kendari tersebut mengaharapkan agar melalui sosialisasi ini siswa dan siswi dapat dengan mudah menentukan perguruan tinggi yang harus dipilih dengan kualitas yang baik.

Sementara itu Wakasek Kesiswaan yang turut hadir pada kegiatan sosialisasi, Drs. Sukimin mengaku pihaknya sangat senang dengan kehadiran tim sosialisasi STIE 66 Kendari.

Menurutnya sosialisasi seperti ini dapat memberikan edukasi dan motivasi kepada para siswa khususnya kelas 12 yang sebentar lagi akan tamat dari SMKN 1 Kendari.

STIE 66 membuka pendaftaran secara online dan offline. Dua mekanisme pendaftaran itu untuk memudahkan para calon mahasiswa. Pendaftaran online melalui di website STIE 66 Kendari dan pendaftaran offline bisa datang ke kampus dengan membawa berkas administrasi.

Reporter: Dila Aidzin